Ini Cara KAI agar Anker Tetap Jaga Prokes Setelah Tidak Lagi Atur Jarak Duduk di KRL

Headline, Nasional357 views

Inionline.id – Kini penumpang KRL bisa duduk di gerbong tanpa jaga jarak. Marka yang biasanya ada di bangku KRL diganti stiker sosialisasi jaga jarak.

“Untuk mengingatkan pentingnya tetap menjaga jarak aman dan protokol kesehatan, markah di tempat duduk akan diganti dengan stiker sosialisasi berisi ajakan jaga jarak,” ujar VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba, Rabu (9/3/2022).

Petugas KRL telah memasang stiker-stiker tersebut. Stiker tersebut berbentuk persegi panjang. Di dalam stiker tersebut, ada tanda ‘silakan duduk disini’ serta dalam bahasa Inggris ‘please sit here’.

“Dilakukan pemasangan stiker sosialisasi tersebut agar kita tetap sadar protokol kesehatan,” jelas Anne.

Anne mengatakan volume pengguna KRL kemarin (9/3) di jam padat cenderung stabil. Pada jam sibuk pagi hari hingga pukul 08.00 WIB, volume pengguna KRL mencapai 124.923 orang. Angka tersebut tak jauh berbeda dari volume pengguna KRL pada Selasa (8/3) di jam yang sama, yakni 127.103 penumpang.

“Sementara hingga pukul 15.00 WIB jumlah pengguna mencapai 273.449. Angka ini juga stabil dibandingkan hari kemarin yang berjumlah 268.786,’ lanjutnya.

Selama PPKM level 2, KRL Jabodetabek beroperasi pada pukul 04.00-22.00 WIB dengan 1.005 perjalanan per hari. Sementara KRL Yogyakarta-Solo juga tetap beroperasi dengan 20 perjalanan KRL per hari.

Meskipun terdapat aturan perjalanan yang lebih fleksibel, pengguna KRL, ujar Anne, tetap perlu mengikuti aturan dan protokol kesehatan. Pengguna KRL juga wajib memakai masker dan disarankan masker ganda dengan masker kain dilapis masker medis.

“Pengguna juga wajib sudah divaksin dengan melakukan scan melalui aplikasi PeduliLindungi atau menunjukkan sertifikat vaksin secara fisik. Pengguna juga diimbau tetap menjaga jarak aman antar pengguna serta mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah naik KRL,” pungkasnya.

Tak Lagi Berjarak

Diberitakan sebelumnya, KAI Commuter tak lagi menerapkan jaga jarak tempat duduk penumpang KRL. Hal ini merupakan bentuk penyesuaian terkait Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang terbaru.

“KAI Commuter mulai 9 Maret 2022 menjalankan operasi dan layanan KRL sesuai aturan terbaru dari pemerintah, yaitu Surat Edaran Kemenhub Nomor 25 tahun 2022,” demikian keterangan KAI Commuter dalam akun Twitter resminya, Rabu (9/3/2022).

KAI Commuter menjelaskan, SE Kemenhub tersebut mengatur soal kapasitas penumpang kereta api di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek), dan rute Yogyakarta-Solo. KAI Commuter menyebut kapasitas penumpang ditingkatkan dari 45 persen menjadi 60 persen.