Anies Pantau Harga Pangan Jakarta Menjelang Ramadhan

Antar Daerah257 views

Inionline.id – Menjelang Ramadhan 2022 mendatang Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan bakal memantau pasokan pangan. Anies menuturkan, pemantauan harga pangan bisa dilakukan melalui aplikasi Info Pangan Jakarta (IPJ).

“Kami akan memantau terus dari dekat untuk memastikan bahwa pasokan bisa terus terjamin. Dan kami mengundang kepada masyarakat untuk menggunakan aplikasi namanya IPJ (info pangan Jakarta),” kata Anies Baswedan kepada wartawan, Rabu (2/3/2022).

“Dan itu salah satu aplikasi yang saya buka setiap hari, karena di situ menyaksikan dari dekat bagaimana fluktuasi harga,” tambahnya.

Anies menyadari terjadinya pergeseran pasokan pangan karena adanya efek domestik maupun internasional. Meski begitu, jajaran Pemprov DKI bakal andil dalam pengendalian harga pangan melalui pengelolaan pasokan pangan serta permintaan pasar.

“Kita memiliki pembagian tugas BUMD bertanggung jawab untuk mengelola suplai SKPD bertanggung jawab di dalam mengelola demand. Ketika demand and supply-nya itu terkendali maka harga menjadi terkendali,” jelasnya.

Tak hanya itu, Anies juga menjamin tim pengendali inflasi daerah terus melalukan monitoring harga pangan di sejumlah titik. Dengan begitu, dia berharap harga pangan terus terkendali sepanjang tahun ini.

“Kita ingin bukan hanya jelang Ramadan. Sepanjang tahun kita ingin kondisi itu terkendali. Dan TPID (tim pengendali inflasi daerah) itu juga memonitor secara dekat seluruh pergerakan dari harga pangan. Mudah-mudahan semuanya terkendali dengan baik,” imbuhnya.