Terkait Usulan 3 CDOB Baru Jawa Barat, Dewan Jabar M Ichsan Justru Dorong Pemprov Desak Presiden Cabut Moratorium

Berita157 views

Bandung, Inionline.id – Hasil rapat paripurna DPRD Jawa barat, Jum’at (11/02/2022) menetapkan bahwa Calon Persiapan Daerah Otonomi Baru (CDOB) Jawa barat yang baru yaitu Kabupaten Tasikmalaya selatan, Cianjur selatan, serta Garut utara hingga dibentuknya Panitia khusus (Pansus) guna mengkaji ketiga CDOB tersebut mendapat komentar.

Alih-alih usulan 3 CDOB Baru ini, anggota DPRD Jawa barat daerah pemilihan (dapil) Kabupaten Bogor Mochamad Ichsan Maoluddin atau yang akrab disapa M Ichsan ini justru mendorong Pemerintah provinsi (Pemprov) Jawa barat agar meminta presiden Jokowi untuk segera mencabut moratorium guna mempercepat mekarnya Kabupaten Bogor barat dan Kabupaten Bogor timur.

“Harapannya betul-betul Pemerintah Pusat bisa melihat kemandirian dari sebuah kota-kota dan kabupaten yang ada disetiap Provinsi termasuk di Jawa barat, karena kemandirian itu adalah salah satu indikator keberhasilan Pemerintah juga, bagi mereka yang kemudian sudah siap dan Pemerintah secara kajian itu sudah mencukupi sebaiknya harus sesegera mungkin, sehingga teman-teman kita baik itu di Bogor Barat maupun Bogor Timur itu terus dipacu untuk mempersiapkan keterhadiran kemandiriannya berupa daerah otonomi baru (DOB),” kata M Ichsan, Minggu (13/02/2022).

Khusus 3 CDOB baru yang telah diparipurnakan M Ichsan menyambut positif hal tersebut. Legislator PKS ini mencontohkan dimana beberapa kota-kabupaten yang masih belum mekar maka jumlah bantuan yang diterima kota-kabupaten itu akan dirasakan tidak lebih baik ketimbang kota-kabupaten itu sudah mandiri, bantuan-bantuan sekian triliun misalnya bisa diserap oleh Kota Kabupaten lebih besar lagi.

“Otomatis juga manfaat yang diterima oleh masyarakat akan lebih besar dan lebih baik kemudian lebih dekat dan seterusnya,” tutup M Ichsan.