Pulau Simangki akan Menjadi Objek Wisata Eksklusif

Inionline.id – Pulau Simangki yang berada di belakang Pulau Cingkuak, Carocok Painan, Sumatera Barat (Sumbar), akan dijadikan objek wisata ekslusif.

Bupati Pesisir Selatan (Pessel), Rusma Yul Anwar mengaku, pihaknya mendapat bantuan dari pemerintah pusat berupa Dana Alokasi Khusus (DAK) Rp 5,6 miliar.

“Kita menerima bantuan pengembangan Pulau Simangki Rp 5,6 miliar. Bantuan itu untuk membangun fasilitas lengkap di Pulau Simangki, Painan,” katanya, melansir covesia.com–jaringan suara.com, Minggu (20/2/2022).

Pulau Simangki akan di bangun dengan fasilitas lengkap dan bakal dijadikan kawasan objek wisata unggulan yang baru. Tapi, konsepnya bersifat eksklusif.

“Karena kita sudah punya dua wisata unggulan seperti Carocok dan Mandeh, kini melalui program Kemenkraf. Kita tambah lagi, wisata unggulan kita yaitu wisata eksklusif,” katanya.

Pulau Simangki yang dikembangkan ada dua, yaitu Pulau Simangki besar dan Pulau Simangki kecil, dan pulau ini saling berdekatan.

Izin pengembangan pulau mulai dari kelengkapan dokumen izin, seperti UKL dan UPL sudah selesai dibuat oleh dinas terkait.

“Pembangunan akan dimulai pada Maret 2022 dan ditargetkan selesai Desember 2022,” tukasnya.