Protes Wajib Vaksinasi Corona Kanada Mengatasinya dengan Cara Langka

Internasional057 views

Inionline.id – Para pengemudi truk di Kanada memimpin aksi protes terhadap aturan wajib vaksinasi COVID-19. Kanada menggunakan cara langka untuk mengatasi protes wajib vaksinasi Corona itu.

Perdana Menteri (PM) Kanada, Justin Trudeau menerapkan Undang-Undang Darurat untuk mengatasinya. Hal ini disebut langka karena UU Darurat memang jarang digunakan.

Selain itu, UU Darurat juga diberlakukan setelah polisi menangkap 11 orang dengan senjata api yang memblokir penyeberangan perbatasan dengan Amerika Serikat.

Baru Terjadi Kedua Kalinya dalam Sejarah Kanada

Dilansir dari Channel News Asia, Selasa (15/2/2022), ini menandai kedua kalinya dalam sejarah Kanada, kekuasaan darurat seperti itu digunakan di masa damai. UU darurat ini diterapkan di saat ratusan truk-truk masih memblokir jalan-jalan ibu kota Ottawa, serta dua penyeberangan perbatasan.

“Pemerintah federal telah meminta Undang-Undang Darurat untuk melengkapi kapasitas provinsi dan teritorial untuk mengatasi blokade dan pendudukan,” kata Trudeau dalam konferensi pers.

Trudeau mengatakan militer tidak akan diterjunkan pada tahap ini. Hanya, pihak berwenang akan diberikan lebih banyak kekuatan dan personel untuk menangkap massa unjuk rasa dan menyita truk mereka demi membersihkan blokade.

Pendanaan aksi protes turut dilarang. Pemimpin Kanada itu menambahkan bahwa langkah-langkah itu akan ‘bersifat spesifik secara geografis dan hanya ditargetkan ke tempat-tempat yang dibutuhkan’.

Aksi di Kanada Picu Gerakan Serupa di Negara Lain

Aksi protes oleh para sopir truk Kanada dan pendukung dilakukan untuk menentang aturan wajib vaksinasi COVID-19. Aksi ini telah memicu gerakan serupa mulai dari Prancis hingga Selandia Baru. Bahkan, para pengemudi truk di Amerika Serikat juga tengah mempertimbangkan aksi serupa.

Undang-undang Darurat 1988 memungkinkan pemerintah federal membatalkan kebijakan pemerintah provinsi dan mengesahkan tindakan khusus sementara untuk memastikan keamanan selama keadaan darurat nasional. Undang-undang tersebut hanya pernah digunakan sekali sebelumnya di masa damai, yakni pada tahun 1970, oleh ayah Trudeau, mantan Perdana Menteri Pierre Trudeau.

Selama Krisis Oktober 1970 tersebut, pasukan militer dikirim ke kota Quebec untuk memulihkan ketertiban setelah penculikan atase perdagangan Inggris dan menteri Quebec, Pierre Laporte oleh separatis militan. Pejabat tersebut ditemukan dicekik sampai mati di bagasi mobil.

Awal Mula Aksi Protes di Kanada

Aksi demo yang dinamai ‘Konvoi Kebebasan’ di Kanada dimulai dengan para pengemudi truk yang memprotes aturan wajib vaksin Corona untuk melintasi perbatasan dengan Amerika Serikat.

Namun, tuntutan mereka sekarang bertambah, termasuk diakhirinya semua tindakan pembatasan COVID-19 dan bagi banyak pengunjuk rasa untuk menggulingkan pemerintah Liberal Trudeau hanya lima bulan setelah dia terpilih kembali.

Para sopir truk tersebut mendapat dukungan dari kaum konservatif dan penentang aturan wajib vaksin di seluruh dunia.