Ini 4 Cara Merawat Rambut yang Bisa Dilakukan Saat Memasuki Usia 40 Tahun

Kesehatan557 views

Inionline.id – Memasuki usia 40 tahun, beberapa bagian tubuh telah mengalami perubahan. Hal ini terjadi salah satunya adalah faktor penuaan.

Beberapa perubahan pada tubuh bisa terjadi di kulit hingga rambut. Perubahan warna dan tekstur rambut hingga kerontokan biasanya sudah terjadi di usia 40 tahun ini.

Namun ini bukan berarti rambut tidak bisa dirawat lho! Tetap ada cara perawatan rambut secara alami yang akan membuatnya tetap sehat sekaligus menjaga keindahan alami di usia 40 tahun.

Perhatikan Intensitas Keramas

Keramas memang diperlukan untuk membuat rambut tetap bersih dan sehat. Namun, satu hal yang jarang disadari adalah intensitas keramas.

Terlalu sering keramas bisa mengakibatkan rambut kering dan rapuh, bahkan jika jenis rambutnya berminyak. Hal ini juga lebih besar terjadi ketika sudah memasuki usia 40 tahun.

Untuk menjaga kesehatan rambut, perhatikan intensitas keramas. Lakukan keramas sebanyak dua hingga tiga kali dalam seminggu dengan menggunakan sampo yuang sesuai dengan jenis rambut.

Kurangi Penggunaan Hair Dryer

Terlalu sering menggunakan pengering rambut atau hair dryer juga meningkatkan risiko rambut yang kurang sehat. Penggunaan dalam kurun waktu yang sering bisa membuat rambut rusak serta mengalami kerontokan. Faktor pemanasan pada rambut yang masih basah menjadi salah satu penyebabnya.

Idealnya, biarkan rambut mengering dengan sendirinya setelah keramas. Namun jika harus menggunakan hair dryer di situasi tertentu, sebaiknya hanya satu kali dalam kurun waktu seminggu. Selain itu, gunakan suhu yang paling rendah saat menggunakan hair dryer agar rambut tidak rusak parah.

Kendalikan Berbagai Penyebab Stres

Tingkatan stres yang dimiliki seseorang berusia 40 tahun ke atas lebih besar dibanding mereka yang masih berusia 30 tahun ke bawah. Faktor pekerjaan, keluarga, dan beberapa hal lain bisa menjadi pemicu stres.

Tak hanya berurusan dengan mental, stres juga bisa menjadi penyebab kerontokan rambut secara masif. Cobalah untuk mengendalikan stres melalui berbagai metode seperti yoga, olahraga, atau short escape sejenak dari rutinitas. Tak hanya menenangkan batin, mengendalikan stres juga ampuh untuk menghindari gangguan kesehatan secara fisik.

Jaga Asupan Nutrisi

Kesehatan rambut juga erat kaitannya dengan asupan nutrisi yang terserap oleh tubuh. Hal ini bisa saling berhubungan karena rambut terbat dari serat protein. Kurangnya asupan protein pada tubuh bisa menyebabkan lemahnya akar rambut yang berujung pada kerontokan.

Untuk itu, menjaga asupan nutrisi serta pola makan di usia 40 tahun sangat penting. Faktor kesehatan dan kebugaran tubuh menjadi hal yang penting dijaga dengan cara menjaga asupan nutrisi tersebut.

Kabar baiknya, asupan nutrisi bisa dipenuhi setiap harinya meski menghadapi hari-hari yang super sibuk. Dapatkan semua kebutuhan pokok seperti buah, sayur, dan daging harian melalui layanan online groceries yang kini bisa diakses melalui ponsel pintar milikmu.