Habiskan 8 Triliun Lebih, Dewan Jabar Asep Arwin Kotsara Datangi Langsung Tol Cisumdawu

Antar Daerah157 views

Cileunyi, Inionline.id – Bagi anda masyarakat Jawa barat tentu sudah pernah mendengar jalan tol Cisumdawu (Cileunyi, Sumedang, Dawuan) yang menghubungkan langsung sampai jalan Tol Cipali.

Untuk melihat sejauh mana progres kesiapan tol tersebut anggota Panitia khusus (Pansus) VI DPRD Jabar Asep Arwin Kotsara bersama rombongan datang langsung ke ruas jalan bebas hambatan yang diklaim menelan anggaran hingga 8,41 triliun rupiah.

“Dari tol Cipali itulah akses ke BIJB Bandar Internasional Kertajati Jawa Barat. Nah, akses ” Dari Tol Cipali ke Jalan Tol Akses Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati itu posisinya saat ini sudah selesai,” tutur Asep Arwin Kotsara, Kamis (03/02/2022).

Menurut legislator daerah pemilihan (dapil) Kota Bekasi-Depok ini, tol Cisumdawu ditarget pada pertengahan tahun 2022 masyarakat Jawa barat sudah bisa ke BIJB dengan waktu tempuh hanya sekitar 40 menit lewat tol Cisumdawu.

“Semoga dengan dibukanya tol Cisumdawu nanti, akan mempercepat pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat dan tentunya Bandara Husein Bandung pun akan dipindah ke BIJB, sehingga BIJB dapat beroperasi secara maksimal dan sesuai rencana,” pungkas Asep Arwin Kotsara.

Politisi PKS ini pun membeberkan timeline section dari tol Cisumdawu ini yang dibagi menjadi 6 section yaitu :

1. Seksi-1 : Cileunyi – Pamulihan, 11.45km. Sekarang sudah dibuka.
2. Seksi-2 : Pamulihan – Sumedang, 17.05km. progress 93%
3. Seksi-3 : Sumedang- Cimalaka, 4.05km. Progress 100%
4. Seksi 4 : Cimalaka – Legok, 8.2km, Progress 19%
5. Seksi 5 : Legok – Ujung Jaya, 14.9km, progress 25.8%
6. Seksi 6 : Ujung Jaya – Dawuan, 6.06km, progress 93%.