Raker Bersama Kementrian ATR dan Tata Ruang RI, Wakil Ketua DPRD Jabar Tutup Rapat Pakai Bahasa Sunda

Berita157 views

Jakarta, Inionline.id – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa barat H. Achmad Ru’yat memimpin Panitia Khusus (Pansus) VI DPRD Jabar rapat kerja bersama Kementrian ATR dan Tata Ruang Republik Indonesia, di jalan Sisingamangaraja, Kebayoran Baru, DKI Jakarta, Rabu (19/01/2022).

Namun dalam rapat tersebut ada hal unik yang dilakukan Achmad Ru’yat, legislator asal Kabupaten Bogor ini dengan gamblang dan fasih menutup rapat dengan bahasa Sunda.

“Nu Jauh Urang Deukeutkeun, Geus Deukeut Urang Layeutkeun, Geus Layeut Urang Paheutkeun, Geus Paheut Urang Silih Asihkeun, Silih Wangikeun,” kata Achmad Ru’yat.

Selain itu mantan Wakil Walikota Bogor ini pun menjelaskan bahwa pesan penutup rapat dalam bahasa Sunda tersebut sebagai bentuk penghargaan dirinya kepada keberagaman bahasa di Republik Indonesia.

Selain itu, rapat kerja antara Pansus VI DPRD Jabar bersama Kementrian ATR ini bertujuan untuk mensinkronkan tata ruang dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Jawa barat, serta kota-kabupaten di Jawa barat.

“Mengingat bahwa Pemerintah pusat juga banyak program proyek nasional baik kereta cepat, pelabuhan, tol, bandara yang juga sangat terdampak terhadap peruntukan lahan sehingga kami mohon arahan kepada konsultasi ini sehingga diharapkan Perda RT RW Jawa barat ini bisa sinkron tata ruang di Provinsi Pusat dan juga kabupaten kota,” pungkas Ru’yat.