Menteri Kesehatan RI Mengungkapkan Kondisi Kasus Omicron di Dunia

Nasional157 views

Inionline.id – Budi Gunadi Sadikin Menteri Kesehatan RI mengungkapkan kondisi kasus Omicron di dunia. Disebutkan kasus omicron mengalami kenaikan dengan total kasus sebanyak 408 ribu.

“Kami sedikit update kasus Omicron di dunia, sampai sekarang sudah ada kasus konfirmasi 408 ribu naik dari minggu lalu yang 184 ribu di seluruh dunia,” ujar Budi Gunadi dalam jumpa pers seperti disiarkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin (3/1/2022).

Jumlah negara yang melaporkan adanya kasus Omicron juga disebut mengalami kenaikan. Pada minggu lalu terdapat 115 negara, sedangkan saat ini menjadi 132 negara.

“Negara yang sudah terdeteksi ada omicron naik dari 115 negara minggu lalu menjadi 132 negara,” katanya.

Dia mengatakan negara yang paling banyak melaporkan kasus Corona varian Omicron ini berada di daerah Eropa. Sedangkan kasus Omicron di Afrika Selatan disebut telah menurun.

“Paling banyak sekarang ada di daerah Eropa, Inggris, Denmark, Amerika itu di atas 20 ribu, Afrika Selatan sendiri sudah turun di angka 1.800-an,” ujarnya.

Budi menuturkan Indonesia sendiri saat ini berada pada posisi 40 dengan jumlah kasus terkonfirmasi sebanyak 152 kasus.

“Negara di Asia Tenggara yang di atas kita adalah Singapura 1.600 dan Thailand 1.500, Indonesia ada di posisi 40 jumlahnya per hari ini 152 ada tambahan 16 dibandingkan 2 hari lalu dan semua berasal dari pelaku perjalanan luar negeri,” imbuhnya.