Menkes Sebut Booster akan Dipercepat, Omicron Tinggi di Jabodetabek

Berita057 views

Inionline.id – Budi Gunadi Sadikin Menteri Kesehatan (Menkes) mengatakan vaksinasi dosis ketiga atau booster di kawasan Jabodetabek akan dipercepat lantaran penyebaran kasus Omicron di daerah itu tinggi.

“Karena paling banyak Omicron terjadi di Jakarta dan Jabodetabek, dalam dua, tiga minggu ke depan kita akan percepat vaksin booster,” kata Budi dalam konferensi pers virtual, Senin (24/1).

Ia menyatakan saat ini, pemerintah menyiapkan sekitar 80 ribu tempat tidur untuk pasien Covid-19. Dari total itu, sudah terisi sekitar 5 ribu tempat tidur.

Menurut Budi, pemerintah masih bisa menaikkan kapasitas tempat tidur.

“Sudah terisi sekarang 5 ribu. Jadi masih ada room, dan bisa dinaikan menjadi 150 ribu. Oksigen, obat-obatan, tenaga kesehatan jugabkami sudah disiapkan. Mudah-mudahan tidak dibutuhkan karena memang kami berharap masuk rumah sakit jauh lebih rendah,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Budi juga melaporkan dari sekitar 1.600-an pasien Omicron di Indonesia, hanya 20 pasien yang membutuhkan perawatan menggunakan oksigen. Selain itu, ada dua pasien yang meninggal.

Menurut Budi, data itu jauh di bawah kasus Covid-19 varian Delta.

“Kami laporkan dari 1.600 yang kena omicron, yang dirawat butuh oksigen cuma 20 dan yang wafat 2. Ini masih jauh dari kasus Delta,” katanya.