Hari Ini Ratusan Jemaah Umrah Indonesia Terbang ke Saudi

Berita057 views

Inionline.id – Kepala Subdirektorat Pemantauan dan Pengawasan Ibadah Umrah dan Haji Khusus Kementerian Agama (Kemenag), M Noer Alya Fitra menyatakan ratusan calon jemaah umrah dari berbagai daerah di Indonesia berangkat ke Arab Saudi pada hari ini, Rabu (19/1).

Angka pasti jumlah calon jemaah yang berangkat umrah masih dalam pencatatan. Ia hanya mengatakan jadwal pemberangkatan semua jemaah umrah ke Saudi pada hari ini pada pukul 11.30 WIB dan pukul 19.00 dari Bandara Soekarno-Hatta.

“Ini lagi direkapitulasi [jemaah umrah berangkat] yang hari ini. Jumlahnya ratusan. Pakai dua pesawat Garuda dan Saudi Airlines. Yang Garuda jam 11.30 WIB kalau yang Saudi nanti malam jam 19.00 WIB,” kata pria yang akrab disapa Nafit, Rabu (19/1).

Nafit mengatakan seluruh jemaah umrah itu datang dari berbagai daerah di Indonesia. Ia memastikan seluruh jemaah itu tetap mengikuti kebijakan one gate policy (OGP) atau keberangkatan/kedatangan umrah satu pintu.

Sebelum berangkat ke Saudi, Nafit mengatakan mereka dikumpulkan terlebih dulu di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta untuk menjalani karantina selama satu hari.

Di tempat itu pula, mereka menjalani penapisan atau screening kesehatan Covid-19 dan pemeriksaan dokumen umrah. Lalu mereka diterbangkan melalui Bandara Soekarno-Hatta.

“Agar tetap pada protokol kesehatan. Itu mereka tetap berangkat dari Pondok Gede, pakai one gate policy. Tetap pakai one gate,” kata dia.

Nafit mengatakan nantinya ada beberapa kloter jemaah umrah lain yang berangkat pada tanggal 20, 22 dan 24 Januari mendatang. Namun ia tak merinci ada berapa jumlah jemaah yang akan umrah pada 3 kloter berikutnya tersebut.

“Mereka [yang berangkat berikutnya] tetap pakai one gate juga,” kata dia.

Sebelumnya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memastikan pemberangkatan umrah tetap berlanjut meski di tengah pandemi. Ia juga memastikan pelaksanaan ibadah umrah juga akan tetap berjalan melalui mekanisme one gate policy.

Kemenag telah memberangkatkan 419 jemaah umrah perdana di tengah pandemi pada 8 Januari 2022 lalu. Hal itu dilakukan usai per 1 Desember lalu pihak Arab Saudi telah membuka penangguhan (suspend) penerbangan bagi jemaah umrah asal Indonesia.