Ciamis Kini Mempunyai Stadion Atletik Berstandar Internasional

Antar Daerah457 views

Inionline.id – Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, kini memiliki stadion atletik dengan standar Internasional. Saat ini proses pembangunannya hampir rampung sudah mencapai 99 persen.

Stadion Atletik Ciamis ini berada di pinggir perkotaan. Tepatnya di Jalan Lingkar Selatan, Kelurahan Linggasari, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis. Aksesnya pun sangat mudah sehingga cocok untuk menggelar even atletik tingkat regional, nasional hingga internasional.

Sebanyak 50 lebih nomor atletik bisa dipertandingkan di Stadion Atletik Ciamis ini. Seperti lari, lompat dan lempar. Tak hanya itu, Stadion Atletik ini seluas sekitar 4 hektar ini memiliki tribun penonton dengan kapasitas 2.000 orang lengkap dengan berbagai fasilitas pendukung.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya meninjau langsung progres pembangunan stadion atletik berstandar internasional, Jumat (7/1/2022). Dia datang didampingi unsur pejabat Pemkab Pangandaran.

“Progresnya sudah 99 persen mau selesai. Stadion Atletik ini dibuat khusus untuk cabang olahraga atletik. Tidak digunakan untuk cabor lainnya, jadi khusus,” ungkap Herdiat.

Stadion Atletik ini pun dipersiapkan untuk menggelar pertandingan Porprov 2022. Ciamis sebagai tuan rumah Porprov Jabar 2022 akan menggelar 9 cabang olahraga, salah satunya atletik.

“Target jangka pendeknya untuk Porprov Jabar 2022. Sebelum itu, kami akan menggelar tes event baik skala regional maupun nasional. Harapannya bisa menjadi motivasi masyarakat dan atlet atletik untuk bisa berprestasi,” ucapnya.

Herdiat menegaskan stadion atletik ini sudah standar internasional dari IAAF (International Association of Athletics Federations) kelas 2 Asia. Jumlah lintasan lari sebanyak 7 jalur.

“Ini sudah standar internasional terutama untuk track atau lintasannya. Sehingga sudah memenuhi syarat untuk menggelar berbagai event di berbagai tingkatan,” jelasnya.

Herdiat berharap dengan adanya stadion atletik ini dapat meningkatkan prestasi para atlet Ciamis. Tak hanya itu, juga bisa memberikan kesejahteraan dan perekonomian bagi masyarakat setempat.