19-21 Januari BMKG Memprediksikan Jabodetabek Diguyur Hujan Disertai Petir

Berita157 views

Inionline.id – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi seluruh wilayah Jabodetabek bakal diguyur hujan intensitas sedang-lebat dalam beberapa hari ke depan

terhitung 19-21 Januari 2022. Hujan juga diprediksi bakal disertai kilat atau petir dan angin kencang.
Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto mengatakan berdasarkan hasil monitoring timnya, perkembangan kondisi cuaca di seluruh wilayah Indonesia saat ini mengindikasikan adanya potensi peningkatan curah hujan di sebagian besar wilayah, termasuk Jabodetabek.

“Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memperkirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang terjadi di wilayah Jabodetabek,” kata Guswanto, Rabu (19/1).

Menurut prediksi BMKG pada hari ini hujan intensitas sedang-lebat disertai kilat dan angin angin kencang bakal terjadi di Kepulauan Seribu, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Bogor, Depok, Tangerang, Tangerang Selatan, dan Bekasi.

Lalu pada 20 Januari, prediksi hujan disertai kilat dan angin kencang bakal terjadi di Kepulauan Seribu, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Bogor, Depok, Tangerang, Tangerang Selatan, dan Bekasi.

Kemudian pada 21 Januari, hujan intensitas sedang-lebat disertai kilat dan angin kencang diprediksi terjadi di Kepulauan Seribu dan Bogor.

Guswanto juga mengimbau agar masyarakat tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem yang kemungkinan menimbulkan bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, dan angin kencang.

“Terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi,” tuturnya.