Sebanyak 280 Personel Gabungan TNI-Polri akan Mengawal Peringatan Nataru di Puncak Bogor

Antar Daerah357 views

Inionline.id – Di Kawasan Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Jabar) sebanyak 280 personel gabungan dari TNI, Polri, Dinas Perhubungan, dan Satpol PP bakal mengawal peringatan Natal dan Tahun Baru 2022 (Nataru).

“Untuk menyukseskan pemeriksaan, sekitar 280 petugas gabungan disiagakan hingga 2 Januari 2022,” kata Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Bogor AKP Dicky Pranata di Cibinong, Bogor, pada Selasa (21/12).

Dicky mengungkapkan Satlantas Polres Bogor menggelar uji coba penerapan sistem ganjil-genap untuk kendaraan yang menuju ke kawasan Puncak sejak Senin (20/12) petang.

“Meski libur Nataru (Natal dan Tahun Baru) dimulai 24 Desember hingga 2 Januari, kami mulai lakukan uji coba dari 20 Desember, sambil terus dilakukan evaluasi,” kata Dicky.

Ia memastikan penyekatan dan pemeriksaan kendaraan dilakukan selama 24 jam demi mencegah kerumunan selama libur Nataru, khususnya di tempat-tempat wisata. Pemeriksaan meliputi kelengkapan protokol kesehatan, kendaraan ganjil-genap sesuai tanggal, surat vaksinasi, hingga penggunaan aplikasi PeduliLindungi.

Sebelumnya, lima Kapolres di wilayah Puncak Raya, Jawa Barat, menetapkan 25 titik pemeriksaan (checkpoint) sertifikat vaksinasi selama peringatan Natal dan Tahun Baru 2022. Rinciannya, sepuluh titik di Kabupaten Bogor, enam titik di Kota Bogor, tiga titik di Kabupaten Sukabumi, dua titik di Kota Sukabumi, dan empat titik di Kabupaten Cianjur.

Kapolres Bogor AKBP Harun menyebutkan rapat tersebut menyepakati beberapa skenario rekayasa lalu lintas, seperti sistem ganjil-genap, contraflow, hingga buka-tutup jalur.

“Filter awal ganjil-genap itu di tol-tol. Nanti kami lihat kondisi jalan ini crowded atau bagaimana, nanti akan kami gunakan rekayasa lantas. Bisa pengalihan, bisa juga sesuai dengan kapasitas dan lain-lain. Bukan penutupan tetapi pengalihan arus,” kata Harun usai rapat koordinasi dengan empat kapolres lain.