Pemerintah Akan Tambah 3 Tempat Karantina WNI dari Luar Negeri

Nasional157 views

Inionline.id – Bagi pelaku perjalanan internasional yang tiba di Tanah Air pemerintah akan menambah 3 tempat karantina baru. Ketiga tempat karantina baru itu salah satunya rusun di daerah Jakarta Timur.

“Saat ini direncanakan terdapat tiga fasilitas karantina terpusat tambahan di DKI Jakarta,” kata Juru Bicara Penanganan COVID-19 Pemerintah Prof. Wiku Adisasmito seperti dilansir dari Antara, Rabu (22/12/2021).

Wiku mengatakan tiga lokasi yang akan diubah menjadi fasilitas karantina terpusat itu adalah Rumah Susun Penggilingan di Pulogebang, Jakarta Timur; Rumah Susun Daan Mogot di Jakarta Barat; serta Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) di Jakarta Selatan.

Penambahan tempat karantina bagi WNI atau WNA yang datang ke tanah air itu dilakukan sebagai antisipasi bila pemerintah menerapkan penambahan waktu atau durasi untuk menjalankan karantina, yang semula dijadwalkan selama 10 hari menjadi 14 hari. Hal itu karena adanya varian baru Omicron yang telah terdeteksi di 92 negara di berbagai belahan dunia.

Rencana penambahan durasi karantina itu juga dipertimbangkan sejak melihat jumlah kedatangan para pelaku perjalanan dari luar negeri yang semakin meningkat dalam dua bulan terakhir baik melalui jalur darat, laut, maupun udara.

Terhitung pada Oktober 2021, jumlah pelaku perjalanan luar negeri masih berada pada kisaran 1.000-2.000 kedatangan. Namun, pada Desember 2021, jumlah tersebut meningkat sekitar 4.000 kedatangan.