Menhub Gandeng Polres se-Jateng untuk Mengantisipasi Arus Balik Liburan Nataru

Antar Daerah157 views

Inionline.id – Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan melakukan koordinasi dengan Polda Jateng dan 35 Kapolres di Jawa Tengah. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan saat arus balik Tahun Baru.

Koordinasi itu dilakukan di Mapolda Jateng dimana 35 Kapolres maupun Kapolrestabes di Jateng mengikuti secara virtual.

“Kami koordinasi dengan polres di seluruh Jateng. Tegur sapa dengan yang di Kalikangkung, Karanganyar, Wonosobo, Salatiga, Solo. Kita koordinasi. Ini menunjukkan narasi pak Presiden bahwa kita melayani dengan baik, tidak ada putar balik tapi tetap jaga ketat prokes,” kata Budi di Mapolda Jateng, Kamis (30/12/2021).

Ia menyebut perkiraan puncak arus balik Tahun Baru terjadi tanggal 1 atau 2 Januari 2022. Gerbang tol Kalikangkung menurut Budi harus jadi perhatian agar bisa dilakukan antisipasi di ruas berikutnya.

“Tanggal 1 dan 2 akan ada arus balik. Kalikangkung jadi perhatian. Tadi minta ke Pak Kapolda dan Kapolrestabes, rinci besaran (jumlah kendaraan) di Kalikangkung. Untuk diantisipasi di Jateng,” ujarnya.

Kapolda Jateng, Irjen Ahmad Luthfi menjelaskan antisipasi kepadatan kendaraan sudah disiapkan. Ia menegaskan tidak ada putar balik namun gate tol akan dibuka jika lalu lintas padat.

“Misal di Kalikangkung. Di gate sudah siapkan manakala terjadi penumpukan arus maka semua gate buka atau dengan contra flow,” kata Luthfi.