M Ichsan Mengatakan Program Jalur Tambang Parungpanjang Sudah Memiliki Progres

Antar Daerah457 views

PARUNGPANJANG, Inionline.id – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Provinsi Jawa Barat Mochamad Ichsan mengatakan, rencana pengerjaan jalur khusus tambang di Parungpanjang Kabupaten Bogor sudah memiliki progres.

Sebagai informasi, jalur khusus tambang direncanakan berbarengan dengan perencaan pembangunan jalan tol. Sebab, kendaraan pengangkut hasil tambang nantinya akan masuk ke ruas jalan tol.

“Untuk pembangunan jalur khusus tambang dari progres pak Gubernur Jawa Barat, telah mendelegasikan yang membidangi adalah PT Jasa Sarana merupakan salah satu perusahaan milik BUMD Provinsi Jawa Barat,“ ujar Ichsan seusai Reses di Jasinga, Kamis (09/12).

Ia menjelaskan, untuk proyek pengerjaan jalur khusus tambang nantinya pihak PT Jasa Sarana bekerja sama dengan Dinas Binamarga dengan Dinas Penataruang Provinsi Jawa Barat.

“Dua lembaga sudah menginisiasi korsosium agar para pengusaha tambang diakhir tahun 2021 ini sudah selesai. Endingnya adalah para pengusaha tambang juga akan menyumbang untuk pembangunan jalur tambang,“ katanya.

Lanjut Ichsan menyampaikan, nantinya proyek pengerjaan jalur tambang dibidangi oleh Dinas Binamarga, dan jalan khusus tambang yang diusulkan itu adalah 10 kilo meter, 8 kilo meter jalan Provinsi dan 2 kilo meter pembesan lahan kabupaten dan trayek ruas jalan khusus tambang tidak ada kendaraan lain masuk.

“Setiap kendaraan yang melintas seperti masuk ke tol, ada biaya retribusi. Kemarin sudah dilihat, jalan itu ada di kawasan penambangan, nanti kalau sudah pick akesnya akan mengarah ke jalan tol dan perencanaannya berbarengan dengan jalan tol,“ paparnya.

Selain itu, Ichsan mengatakan, selama ini kendaraan angkutan hasil tambang melintasi jalan utama sehingga jalan sekarang ini cepet rusak dan banyaknya kecelakaan pengendara sepeda motor dengan truk tambang.

“Selama ini jalan utama yang digunakan angkutan tambang sehingga, mengganggu aktivitas lalulintas pengendara reguler, jadi nanti jalan khusus bagi kendaraan khusus tambang dan melintas langsung ke ruas jalan tol,“ pungkasnya. (Mul)