Kasus Aktif COVID-19 di Jatim Terus Melandai, Dua Minggu Jelang Nataru

Headline157 views

Inionline.id – Kasus aktif COVID-19 di Jatim terus menurun. Bila pekan lalu ada 200-an kasus aktif, update per 9 Desember 2021, tersisa 172 kasus aktif.

Data dari Satgas COVID-19 Jatim, kasus aktif COVID-19 sempat berada di atas 200 saat 2 Desember 2021 lalu. Kini, kasus aktif COVID-19 mulai menurun. Dari 172 kasus COVID-19 yang aktif saat ini, terbanyak ada di Kabupaten Mojokerto sebanyak 16 kasus.

Kemudian ada di Kabupaten Kediri 13 kasus, serta Kabupaten Malang di peringkat tiga dengan 12 kasus aktif COVID-19. Untuk kawasan Surabaya Raya, Sidoarjo tertinggi yakni 9 kasus aktif. Lalu Kota Surabaya 8 kasus aktif, dan Gresik dengan 6 kasus aktif.

Ada empat daerah yang saat ini zero case atau 0 kasus aktif. Yakni di Kota Pasuruan, Situbondo, Kota Batu dan Kota Blitar.

Jubir Satgas COVID-19 Jatim Dr Makhyan Jibril mengatakan, kasus Corona cenderung stagnan dan sedikit menurun di Jatim. Dia tetap mewanti-wanti warga tidak mengendurkan protokol kesehatan saat momen Nataru nanti.

“Sekarang tambahan hariannya kisaran 20-35 kasus. Dan pasien yang sembuh lebih banyak sedikit dari penambahan kasus. Tren ini baik, dan harus terus kita jaga bersama, apalagi ini mendekati momen Natal dan Tahun Baru,” kata Jibril kepada detikcom.

“Belajar pada pengalaman tahun lalu, kita semua tetap jangan lengah meski sudah vaksin, tetap jalankan protokol kesehatan, jangan sampai kendor,” imbuhnya.