Ini 6 Masalah Kesehatan yang Bisa Menjadi Penyebab Batuk nan Mengganggu di Malam Hari

Kesehatan157 views

Inionline.id – Terdapat berbagai macam hal yang bisa menyebabkan tidurmu tak nyenyak di malam hari. Hal ini kemudian bisa menimbulkan gangguan sehingga kamu merasa tidak segar ketika terbangun di pagi harinya.

Salah satu gangguan yang bisa menyebabkan masalah tidur ini adalah berupa kondisi batuk-batuk. Kondisi ini bisa menyebabkan kamu bangun malam hari dan tak dapat tidur nyenyak.

Gangguan berupa batuk ini kadang terjadi bahkan ketika sebenarnya kamu tak mengalami batuk maupun pilek. Hal ini tentu saja membuatmu menjadi bingung dan bertanya-tanya.

Sejumlah masalah kesehatan bisa menjadi pemicu batuk di malam hari ini. Dilansir dari Boldsky, berikut sejumlah hal yang bisa bisa menyebabkan munculnya batuk di malam hari.

Sinusitis dan Asma

Sinusitis

Alergi dan sinusitis juga dapat menyebabkan batuk di malam hari. Jika kamu menderita sinusitis, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk mencari tahu pengobatan yang tepat.

Asma

Asma bisa menjadi salah satu penyebab dari batuk di malam hari. Beberapa orang yang menderita asma sering menderita batuk di tengah malam.

Asam Lambung dan Udara yang Buruk

Asam Lambung

Meskipun sebagian besar dari kita tidak menyadarinya, kenaikan asam lambung bisa menyebabkan batuk di tengah malam. Oleh karenanya, kamu disarankan untuk mengonsumsi makan malam yang ringan jika memiliki masalah dengan asam lambung.

Udara di Kamar Tidur

Jika udara di kamar tidur kamu kering, hidung dan paru-paru kamu mungkin mengalami iritasi. Kondisi udara kamar yang kering ini dapat menyebabkan batuk di malam hari.

Kurang Nutrisi dan Konsumsi Obat Tertentu

Kurang Nutrisi

Jika makanan yang kamu konsumsi kurang nutrisi, itu bisa menyebabkan batuk. Para ahli mengatakan bahwa kekurangan zat besi bisa menjadi salah satu penyebab batuk di malam hari.

Konsumsi Obat Tertentu

Obat tertentu juga dapat menyebabkan batuk di malam hari. Kamu bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mengatasi keluhan tersebut.

Enam kondisi tersebut bisa menyebabkan kondisi batuk malam hari yang kamu alami. Ketika kondisi batuk di malam hari yang kamu alami tak kunjung sembuh, konsultasi dengan dokter sebaiknya kamu lakukan.