Haru Suandharu Meminta Semua Pihak Ikut Serta Mengatasi Pesisir Kesenden Kota Cirebon yang Dipenuhi Sampah

Berita257 views

CIREBON, Inionline.id – Kawasan pesisir Kelurahan Kesenden, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon tampak dipenuhin oleh tumpukan sampah.

Karena adanya kondisi itu tentunya menjadi kendala bagi para nelayan asal Kelurahan Kesenden, karena sampah itu mengakibatkan sedimentasi di muara Sungai Kedungpane.

Ruliyanto Lurah Kesenden, mengatakan, untuk menyandarkan perahunya di muara Sungai Kedungpane para nelayan harus menunggu air pasang.

“Mereka harus menunggu hingga tiga sampai empat jam untuk bersandar,” kata Ruliyanto saat mendampingi Ketua Fraksi PKS DPRD Jawa Barat, Haru Suandharu, meninjau pesisir Kelurahan Kesenden, Kamis (9/12/2021).

Ia juga mengatakan, karena kondisi tersebut sangat mempengaruhi penghasilan nelayan karena ikan yang didapat dari melaut pun tidak lagi segar sehingga harganya ikan turun.

Ruliyanto mengatakan Beberapa waktu lalu sedimentasi Sungai Kedungpane sempat dikeruk dan sampah yang memenuhi di pesisir Kelurahan Kesenden pun diangkut.

“Beberapa hari terakhir sempat hujan deras sehingga sungainya dangkal lagi dan kawasan pesisir kembali dipenuhi sampah yang hanyut terbawa arus,” ujar Ruliyanto.

Sementara Haru Suandharu Ketua Fraksi PKS DPRD Jawa Barat, menyampaikan, masalah sampah di pesisir Kelurahan Kesenden tergolong kompleks.

Haru Suandharu meminta semua pihak dari mulai Pemkot Cirebon, Pemprov Jabar, pemerintah pusat, dan dinas teknis untuk ikut mengatasinya.

Ia juga menilai penanganan harus dimulai dari hulu penanganan sampah di pesisir Kelurahan Kesenden tidak cukup ditangani di hilirnya.

“Kalau di hilir atau muaranya saja akan sangat mahal dan tidak akan selesai sehingga harus dari hulu Sungai Kedungpane ini,” kata Haru Suandharu.

Penanganan yang harus dilakukan juga meliputi penghijauan, agar tidak membuang sampah ke sungai edukasi masyarakat sepanjang DAS Kedungpane juga perlu dilakukan dan memfasilitasi penampungan sampah, dan lainnya

Selain itu, usulan juga ia dapatkan agar disiediakan jaring di beberapa titik sepanjang aliran sungai untuk menyaring sampah sehingga tidak terbawa arus dan menumpuk di pesisir.

Pesan dari Haru Suandharu agar pembersihan sampah yang menumpuk di pesisir dan pengerukan sedimentasi di Sungai Kedungpane agar tetap dilakukan.

“Itu upaya jangka pendeknya, sedangkan jangka panjangnya harus dari hulu, dan ini membutuhkan peran serta semua pihak, duduk bersama untuk cari solusinya,” ujar Haru Suandharu.