Deretan Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi oleh Penderita Penyakit Mag

Kesehatan057 views

Inionline.id  – Penyakit mag atau masalah lambung merupakan salah satu masalah kesehatan yang rentan dialami oleh banyak orang. Masalah ini bisa menimbulkan rasa nyaman dan sakit untuk beraktivitas sehari-hari.

Salah satu hal yang paling penting dalam mencegah masalah kesehatan ini adalah dengan menjaga apa yang kita konsumsi. Pada sejumlah kasus, masalah ini bisa menimbulkan sesak di dada dan keinginan untuk muntah.

Berbagai obat bisa kamu konsumsi untuk mengatasi masalah dan rasa tak nyaman yang terjadi ini. Kamu juga bisa mengonsumsi permen atau jahe untuk mengatasinya.

Berbagai makanan tertentu bisa menimbulkan dampak yang berbeda pada tubuh individu. Dilansir dari The List, berikut sejumlah makanan yang haram dikonsumsi oleh mereka yang mengalami masalah asam lambung.

Minuman Berkarbonasi

Daniel Mausner, M.D., pakar kesehatan perut di Mercy Medical Center, Rockville Center, New York mengungkap bahwa minuman berkarbonasi sebaiknya dihindari bagi mereka yang memiliki masalah asam lambung. Minuman bersoda bisa menyebabkan tekanan pada lambung dan membuat asam lambung naik.

Berdasar sebuah penelitian, 69 persen orang yang mengalami masalah lambung mengonsumsi minuman berkarbonasi. Masalah ini bisa didapat ketika mengonsumsi minuman bersoda, bir, atau sparkling water.

Secara garis besar, minuman bersoda merupakan minuman yang sebaiknya dikurangi konsumsinya. Hal ini karena sejumlah dampak kesehatan yang bisa ditimbulkannya.

Makanan Berlemak

Makanan tinggi lemak bisa menyebabkan terjadinya masalah heartburn. Hal ini tidak hanya disebabkan oleh lemak buruk saja namun juga dari lemak baik seperti kacang, alpukat, serta keju.

Makanan tinggi lemak bisa melepaskan hormon bernama cholecystokinin yang menyebabkan makanan lama dicerna sehingga asam lambung yang diproduksi semakin tinggi. Disarankan untuk mengonsumsi makanan ini dalam perut kosong agar tidak mengalami masalah.

Konsumsi makanan berlemak terutama dalam kondisi perut setengah penuh atau penuh bisa menyebabkan penumpukan lemak di dalam perut.

Bawang Bombay

Bawang bombay merupakan makanan yang bisa meningkatkan risiko masalah asam lambung. Makanan ini juga bisa meningkatkan risiko sendawa yang mungkin kamu alami.

Makanan ini sebaiknya kamu hindari karena dampak yang mungkin muncul pada perutmu. Hal ini juga tidak menimbulkan masalah pada mulutmu karena bau napas yang mungkin timbul.

Gas yang dikeluarkan dari bawang bisa menyebabkan perut menjadi kembung. Oleh karena itu, bagi penderita penyakit magh, masalah ini harus kamu hindari.

Tomat

Munculnya masalah lambung usai mengonsumsi sambal biasanya tidak hanya disebabkan karena kandungan cabai di dalamnya. Keberadaan tomat pada sambal juga bisa jadi penyebab mucnulnya masalah ini. Tomat memiliki kandungan asam yang tinggi sehingga rentan membuatmu mengalami masalah asam lambung.

Semua makanan dan minuman tersebut ketika dipadukan bakal memberi dampak yang lebih buruk ke perut. Memadukan pizza dan minuman bersoda merupakan sebuah hal yang sebaiknya dihindari ketika kamu memiliki masalah asam lambung.