Cikampek Siapkan Contra Flow, Puncak Arus Diprediksi Hingga 3 Januari

Headline257 views

Inionline.id – Di sejumlah titik jalan tol selama arus balik libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022 Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri bakal menerapkan rekayasa lalu lintas berupa contra flow.

Dalam hal ini, kepolisian memprediksi puncak arus balik akan terjadi pada 2 Januari 2022.

“Prediksi arus balik akan terjadi hari Jumat 31 Desember 2021 dan Minggu 2 Januari 2022,” kata Plt Kabagops Korlantas Polri Kombes Dodi Darjanto kepada wartawan, Kamis (30/12).

“Rekayasa yang dilakukan berupa contra flow,” tambahnya.

Ia merincikan, contra flow akan dilakukan di tol Cikampek mulai dari KM 45 sampai KM 65 ke arah timur keluar Jakarta. Kemudian dari KM 61 ke 47 ke arah barat atau masuk dalam Jakarta. Dodi mengatakan, antisipasi arus balik tersebut akan dilakukan oleh aparat kepolisian hingga 3 Januari mendatang.

Selain itu, kata dia, kepolisian juga akan menerapkan sistem one way di jalan tol secara situasional apabila volume arus lalu lintas sangat padat.

“Tidak ada penyekatan, Polri mengoptimalkan 1.845 pos pam dan 177.212 personel,” jelasnya.

Dodi menuturkan, kepolisian juga akan mengalihkan kendaraan angkutan barang sumbu tiga agar tak menggunakan jalan tol. Jika kedapatan, maka polisi akan mengarahkan kendaraan keluar di simpang terdekat pintu tol.

Sebagai informasi, Ditlantas Polda Metro Jaya juga menerapkan kebijakan crowd free night (CFN) selama dua hari, yakni pada 31 Desember dan 1 Januari pada pukul 22.00 hingga 04.00 WIB. Kebijakan itu untuk menekan mobilitas masyarakat di tengah pandemi selama pergantian tahun.

Kebijakan ini diterapkan di 11 kawasan yakni Jalan Asia-Afrika, Jalan Gunawarman-Senopati-SCBD, Jalan Makahakam-Bulungan-Barito 1, Thamrin-Sudirman, Kota Tua.

Kemudian juga berlaku di seputaran Monas, Kemayoran, Pantai Indak Kapuk 2, Kemang, Banjir Kanal Timur, Kawasan Danau Sunter.