Tertimpa Longsor Setinggi 4 Meter Empat Rumah Warga di Probolinggo Rusak

Antar Daerah357 views

Inionline.id – 4 rumah rusak disebabkan hujan deras di Probolinggo. Empat rumah rusak berada di Dusun Kalianyar, Desa Kedung Sumur, Kecamatan Pakuniran.

Material longsor berupa pelengsengan cor setinggi kurang lebih 4 meter dengan panjang 25 meter, merusak bagian dapur atau belakang rumah. Rumah yang rusak milik Saiful, dengan kerugian Rp 15 juta, Harto dengan kerugian Rp 5 juta, Hedi dengan kerugian Rp 3 juta, Nijan dengan kerugian Rp 4 juta dan kerugian material bangunan plengsengan longsor dengan kerugian Rp 20 juta.

Mustakim, salah satu korban rumah tertimpa longsor mengaku semua keluarganya selamat saat peristiwa Senin (15/11/2021) malam. Sebelum terdampak longsor, terdengan suara bruk.

“Alhamdulillah semuanya selamat, tidak ada korban jiwa. Saya hanya mendengar suara bruk, pas dilihat di belakang rumah, tembok dan dapur sudah jebol tertimpa material longsoran,” ujar Mustakim, saat dikonfirmasi, Selasa (16/11/2021).

Pihak BPBD Kabupaten Probolinggo, bersama TNI/Polri dan warga setempat langsung melakukan kerjabakti untuk membersihkan material longsoran di 4 rumah yang tertimpa tanah longsor. Selain itu memberikan bantuan sembako kepada korban.

“Anggota Polsek Pakuniran bersama anggota Koramil Pakuniran dan warga, langsung melakukan kerjabakti membersihkan material longsor dan memberikan bantuan sembako dari Polres Probolinggo,” kata Kapolsek Pakuniran AKP Tavip Hariyanto.

Sementara BPBD Kabupaten Probolinggo mengimbau masyarakat yang bermukim di lereng pegunungan dan di pinggiran bantaran sungai untuk pindah ke lokasi lebih aman bila hujan lebih dari 5 jam. Ini menghindari sewaktu-waktu terjadi longsor dan banjir bandang.