Nadiem Makarim: Mahir Berbahasa Indonesia, Negara Maju

Pendidikan157 views

Inionline.id – Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi menyebut kemahiran berbahasa Indonesia bisa membantu memajukan negara. Penggunaan bahasa Indonesia menjadi penting di tengah globalisasi yang menuntut kemampuan berbahasa asing.

“Mahir berbahasa Indonesia, maka bisa membuat negara yang maju di masa mendatang,” ujar Nadiem secara virtual dalam Seminar dan Lokakarya Kemahiran Berbahasa Indonesia, Selasa, 2 November 2021.

Dia mengatakan Presiden Pertama Indonesia Soekarno pun memandatkan agar bahasa Indonesia menjadi bahasa persatuan yang bersifat demokratis. Menurut dia, bahasa yang demokratis ialah bahasa yang mengakui kemerdekaan setiap orang, mencerminkan keadilan sosial, dan menggiatkan demokrasi Indonesia.

Situs UKBI, kata dia, bisa digunakan untuk latihan melalui simulasi dan berbagai panduan UKBI. Menurutnya, mahir berbahasa Indonesia akan membawa manfaat di masa depan sebagai negara yang berbeda dan demokratis.

“Mari kita utamakan dan kuasai bahasa Indonesia demi mewujudkan Merdeka Belajar,” terangnya.

Nadiem pun mengajak masyarakat untuk menjunjung komitmen bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan. “Kita harus selalu mengingatkan dan menyiapkan anak-anak kita, bahwa menggunakan bahasa indonesia adalah mengakui kemerdekaan bahasa,” tuturnya.