Ini 4 Tips untuk Memulihkan Semangat Siswa Belajar di Sekolah

Pendidikan6257 views

Inionline.id – Pandemi covid-19 sempat membuat kegiatan belajar dilakukan dari rumah. Kini, seiring kasus covid-19 yang menurun, sebagian daerah kembali menerapkan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas.

Kembalinya pelajar ke sekolah di masa pandemi covid-19 ini ternyata memiliki tantangan tersendiri. Sejumlah pelajar tentu ada yang telanjur nyaman dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), sehingga malas untuk mengikuti PTM terbatas.

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan agar pelajar kembali semangat untuk masuk sekolah. Berikut ini empat tips agar pelajar semangat mengikuti PTM terbatas:

1. Dengarkan Pengalaman Anak

Guru di sekolah diminta untuk mendengarkan pengalaman anak selama pandemi. Dorong anak untuk mengekspresikan dan mengeksplorasi pengalaman mereka selama pandemi covid-19.

Apapun pengalaman anak, mesti dihargai. Mendengar pengalaman anak itu untuk menjaga kesehatan emosionalnya.

2. Desain Lingkungan Belajar

Sekolah mesti mendisain lingkungan belajar yang menarik. Lingkungan yang nyamman dan aman sangat berpengaruh bagi pelajar.

Dengan lingkungan seperti itu, dipercaya anak kembali semangat dalam belajar. Guru misalnya dapat menempel gambar menarik di dinding kelas atau menyediakan bangku warna-warni.

3. Gunakan Metode Pembelajaran Menarik

Guru menghadirkan metode pembelajaran yang menarik. Guru dapat mendongeng dengan cerita yang mengandung motivasi belajar, ketangguhan, maupun karakter positif lainnya.

Guru juga bisa menerapkan metode karya wisata. Bukan berarti anak dibawa ke tempat wisata yang jauh, tetapi dapat dengan memanfaatkan lingkungan yang ada di sekitar sekolah.

4. Sambut dengan Senyum

Guru mesti menyambut anak dengan salam dan senyum hangat. Agar anak memiliki semangat yang bagus, maka guru harus mampu menyambut mereka dengan penuh ceria dan kehangatan.