Selama PON XX BNPB Memuji Kinerja Relawan Prokes

Antar Daerah357 views

Inionline.id – Badan Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui Satuan Tugas Protokol Kesehatan (Satgas Prokes) PON XX memberikan penghargaan kepada 445 relawan protokol kesehatan (prokes).

Ketua Satgas Prokes PON XX Papua, Prasinta Dewi menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah mendukung dalam program penguatan prokes tersebut, khususnya kepada para relawan.

Relawan prokes bergabung untuk mendukung program penguatan prokes yang digagas BNPB selama penyelenggaraan PON XX di Papua. BNPB pun memuji kinerja relawan prokes yang telah bertugas selama penyelenggaraan PON XX Papua.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada berbagai pihak yang bersama-sama turut membantu dan memberikan perhatian dalam menyukseskan program Satuan Tugas Protokol Kesehatan PON XX Papua 2021,” kata Prasinta.

Kepala BNPB Ganip Warsito juga menitipkan pesan kepada pemerintah daerah untuk terus menjalin hubungan baik dengan para relawan bahkan setelah kegiatan ini berakhir. Relawan sebagai salah satu unsur pentahelix diharapkan dapat terus menjadi mitra dalam hal membantu percepatan penanggulangan bencana.

“Potensi organisasi relawan di Papua ini sangat besar, BNPB berharap kolaborasi yang ada saat ini bisa terus dipelihara, dipertahankan, dan ditingkatkan untuk kegiatan dimasa mendatang baik yang sifatnya kegiatan pencegahan dan kesiapsiagaan di masa pra bencana maupun kegiatan pada masa tanggap darurat bencana,” harap Ganip.

Sementara itu, Koordinator Bidang Relawan Satgas Prokes Kabupaten Mimika, Ananda Karunia menilai, kinerja para relawan Subsatgas Prokes Kabupaten Mimika selama melaksanakan tugas dari 26 Septenber – 14 Oktober sangat baik.

“Kinerjanya luar biasa, dampaknya sangat terlihat pada masyarakat, dapat dibuktikan dengan setiap kita melalui setiap sudut jalan di Mimika akan terlihat masyarakat yang memakai masker yang telah kita diberikan,” ucap Nanda.

Sementara itu Kasubsatgas Kabupaten Mimika, Asep Supriatna mengungkapkan BNPB/Satgas Covid-19 Nasional memberikan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh pihak yang berkontribusi dalam Subsatgas PON Kabupaten Mimika.

“Pemberian piagam penghargaan ini merupakan apresiasi dari Kepala BNPB kepada para relawan, atas upaya dan kerja keras tanpa kenal lelah dari pagi hingga malam selama kurang lebih dua puluh hari terhitung sejak adanya Posko Subsatgas Kab. Mimika,” ungkap Asep.

Tak lupa ia berpesan kepada para relawan, berakhirnya PON bukan berarti tugas edukasi dan sosialisasi tentang Covid-19 berhenti diharapkan tetap mengajak minimal orang terdekat untuk tetap taat menjalankan protokol kesehatan hingga Covid-19 tidak ada lagi.

“Diharapkan ke depannya tetap bersemangat untuk mengedukasi dan sosialisasi masyarakat terkait penanganan Covid dan bersedia menjadi komponen penanggulangan bencana khususnya ketika terjadi bencana di Kabupaten Mimika,” imbuhnya.