Ridwan Kamil Tak Mau Bergantung Hasil Survei Soal Masa Depan Politik

Politik057 views

Inionline.id – Sejak April 2021 Ridwan Kamil menyebut elektabilitasnya sebagai calon presiden mengalami peningkatan. Hanya saja, ia tidak ingin kehilangan fokus menuntaskan tugasnya sebagai Gubernur Jawa Barat.

Diketahui, dalam berbagai survei sosok yang berpotensi sebagai calon presiden, Ridwan Kamil kerap berada di urutan 10 besar bersama nama lain, seperti Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Ganjar Pranomo hingga Sandiaga Uno.

Menurut dia, survei yang dilakukan sejumlah lembaga merupakan hal lumrah menjelang kontestasi politik. Hanya saja, soal peluang, ia mengaku tidak bisa memberi tanggapan secara mendalam.

“Saya fokus menyelesaikan kewajiban sebagai gubernur. Pilihan paling rasional melanjutkan gubernur jilid dua, nasional itu tidak bisa sematematis dan masih jauh, cuma yang saya lihat April 2021 dengan sekarang ada kenaikan (elektabilitas),” ujar dia.

Pernyataan itu didasari pada pengalamannya saat mengikuti Pemilihan Gubernur Jawa Barat. Saat itu, dari empat pasangan calon, hasil akhir tidak sesuai dengan survei.

Pasangan Sudrajat-Syaikhu yang dalam survei hasilnya tidak moncer, tapi pada hasil akhir perolehan suaranya kedua terbanyak, mengungguli pasangan Deddy Miswar-Dedi Mulyadi dan Tb Hasanuddin – Anton Charliyan.

“Pada hari H ada gerakan partai yang terstruktur yang kadang-kadang tidak terbaca oleh survei,” kata dia.

Disinggung mengenai pilihan partai, Ridwan Kamil mengaku masih menimbang dan belum menemukan keputusan. “Ya semua sedang saya pelajari, pilihan banyak. Kemungkinan (diumumkan keputusan) di tahun depan,” pungkasnya.