Longsor-Pohon Tumbang Terjang 13 Titik, Bogor Diguyur Hujan Deras

Antar Daerah157 views

Inionline.id – Hujan deras yang mengguyur Kota Bogor pada Kamis (28/10/2021) siang hingga sore hari mengakibatkan sejumlah bencana. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor mencatat, ada 13 kejadian bencana berupa longsor dan pohon tumbang di 5 kecamatan.

“Total laporan bencana yang masuk ada 13 kejadian bencana, berupa longsor, pohon tumbang dan dinding rumah jebol. Itu terjadi di 5 kecamatan, di antaranya Kecamatan Bogor Barat 2 kejadian, Kecamatan Bogor Timur, 1 Kejadian Kecamatan Bogor Selatan 7 kejadian, Kecamatan Bogor Utara 1 kejadian, Kecamatan Bogor Tengah 2 kejadian,” ungkap Kepala Pelaksana BPBD Kota Bogor Theo Patricinio, Jumat (29/2021).

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun kerugian materil dialami warga karena rumahnya terdampak longsor dan kendaraannya tertimpa pohon tumbang.

“Ada dua kejadian pohon tumbang. Pertama di Teras Air Bogor Timur menimpa mobil, kemudian pohon tumbang di Pasir Kuda Bogor Barat dan menimpa rumah warga. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian pohon tumbang,” ucap Theo.

Sementara itu, bencana longsor terjadi di 6 titik, yakni 5 di Kelurahan Harjasari Kecamatan Bogor Selatan, 1 titik di Kelurahan Tegal Gundil Bogor Utara dan 2 titik di Kelurahan Sempur dan Kelurahan Paledang, Kecamatan Bogor Tengah.

“Total yang terdampak dalam kejadian pada Kamis (28/10/2021), 14 Rumah dan 2 Bangunan Kontrakan, terdiri dari 20 KK, 55 Jiwa. Longsor juga mengancam 1 jalan akses milik warga sekitar dan 1 bangunan jembatan rusak,” kata Theo.

“Dari beberapa kejadian tidak ada korban jiwa, hanya saja beberapa warga terpaksa diungsikan karena rumahnya rusak akibat longsor. Personil sudah diterjunkan ke setiap titik kejadian untuk melakukan Assessment,” ucap Theo menambahkan.