Ini 5 Tanaman Terbaik yang Bisa Bantu Tidur Lebih Nyenyak di Malam Hari

Kesehatan057 views

Inionline.id – Memelihara tanaman cantik di rumah memang jadi salah satu hobi yang populer di masa pandemi. Berbagai postingan pun beredar tentang indahnya kebun mungil yang ada di rumah. Tapi, tahukah kamu kalau ternyata tanaman cantik tersebut nggak hanya bisa dipelihara outdoor saja, lho.

Ada beberapa jenis tanaman hias yang ternyata nggak membutuhkan banyak cahaya. Bahkan, cocok dipelihara di dalam kamar karena bisa membantu meningkatkan kualitas tidurmu. Apa saja sih?

Lidah Buaya

Dikenal sebagai salah satu tanaman yang punya banyak manfaat kecantikan, memelihara lidah buaya di rumah bisa jadi salah satu langkah praktis buat yang suka membuat DIY skincare. Tapi, ternyata manfaatnya nggak hanya itu saja karena lidah buaya ternyata juga memiliki manfaat untuk menjaga kualitas udara di malam hari.

Yup, tanaman yang dikenal dengan nama latin aloe vera ini ternyata memiliki kemampuan memproduksi oksigen di malam hari. Jadi, sangat direkomendasikan untuk meletakkannya di dalam kamar saat malam untuk menjaga kualitas udara selama momen istirahat tersebut. Sementara di siang harinya, pastikan aloe vera mendapatkan asupan cahaya yang cukup untuk memastikannya tetap sehat.

Lavender

Manfaat lavender yang memberikan efek relaksasi memang sudah dikenal secara luas. Nggak heran jika jenis bunga yang satu ini banyak dimanfaatkan untuk produk kesehatan hingga kecantikan demi mengusir stres dan memberikan efek rileks.

Jika ingin memanfaatkan lavender secara alami, kamu bisa memeliharanya di dalam rumah untuk merasakan berbagai benefitnya. Letakkan lavender di dalam kamar untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak di malam hari. Tanaman yang satu ini juga dikenal memiliki manfaat untuk menurunkan heart rate, tekanan darah, hingga stres. Nah, tanaman yang satu ini sangat menyukai kehangatan sinar matahari. Jadi, jangan lupa letakkan di tempat yang mendapatkan sinar matahari saat pagi dan jauhkan dari tempat yang lembap.

Peace Lily

Di balik cantiknya nuansa warna putih pada peace lily, ternyata tersimpan juga manfaat luar biasa, lho. Tumbuhan yang satu ini dikenal dengan manfaatnya untuk membersihkan udara. Tanaman ini cocok dipelihara di lingkungan yang panas dan kering karena dapat meningkatkan kelembapan ruangan hingga 5%.

Berbagai manfaat tersebut membuat peace lily cocok diletakkan di dalam kamar saat malam hari. Kelembapan ruangan yang tinggi saat malam sangat baik untuk membantu sistem pernapasan. Selain itu, tingkat kelembapan yang rendah dapat menyebabkan kulit dan rambut kering hingga memperbesar risiko terpapar flu dan penyakit saluran pernapasan lainnya.

Snake Plant

Mirip dengan tanaman lidah mertua yang banyak ditanam selama pandemi, snake plant dikenal dengan kemampuannya sebagai natural air purifier. Tanaman yang satu ini dapat memproduksi oksigen di malam hari sehingga membantu kamu untuk tidur malam lebih nyenyak. That’s why snake plant sangat direkomendasikan untuk diletakkan di dalam kamar saat malam hari.

Selain dapat memproduksi oksigen, snake plant juga dikenal mampu menyaring komponen berbahaya yang ada di udara yang bisa memberi dampak buruk untuk saluran pernapasan. Jangan lupa lakukan perawatan yang tepat untuk snake plant agar tumbuh dengan sehat di dalam rumah.

Valerian

Dikenal sebagai salah satu herbal yang memiliki bentuk cantik, Valerian ternyata memiliki manfaat lebih dari sekadar penghias rumah. Tanaman yang memiliki aroma manis ini ternyata sudah digunakan selama berabad-abad lamanya untuk mengatasi masalah gangguan tidur dan insomnia.

Menghirup aroma Valerian ternyata sudah teruji dapat meningkatkan kualitas tidur di malam hari. Jika kamu memiliki kesulitan tidur di malam hari, coba tambahkan beberapa kelopak Valerian ke dalam air mandi atau cobalah untuk menghirup aromanya sebelum tidur. So, pastikan kamu meletakkan tanaman ini di dalam kamar saat malam hari, ya. Sementara itu, saat siang hari pastikan letakkan Valerian di jendela yang terkena sinar matahari.

Itu tadi beberapa tanaman terbaik yang dapat membantu tidur lebih nyenyak di malam hari. Dengan kualitas tidur yang selalu terjaga, sistem imun tubuh pun bisa meningkat yang dapat membantu menjaga kesehatan secara optimal.