Vaksin AstraZeneca 500 Ribu Dosis Dari Australia Sudah Tiba di Indonesia

Berita157 views

Inionline.id – Sebanyak 500 ribu dosis vaksin virus corona (Covid-19) AstraZeneca dari Australia telah diterima Indonesia. Pemberian vaksin dilakukan lewat mekanisme berbagi vaksin bilateral.
Retno mengatakan batch kedua itu tiba sehari sebelum Menlu dan Menhan kedua negara saling bertemu di Jakarta.

“Batch pertama dari Australia tiba 2 September lalu sebesar 500 ribu dosis vaksin AstraZeneca,” ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengutip Antara, Rabu (8/9).

Kedatangan vaksin kali ini merupakan bagian dari rencana dukungan 2,5 juta dosis vaksin dari Australia untuk masyarakat Indonesia di tahun 2021.

“Kedua negara terus berupaya memperkuat Kemitraan Strategis Komprehensif, termasuk dalam situasi penuh tantangan seperti pandemi COVID-19,” kata Menlu Retno.

Pemerintah Australia juga telah berkomitmen untuk memberikan dukungan pengadaan vaksin untuk Indonesia senilai 77,1 juta dolar Australia (Rp810 miliar). Nantinya akan disalurkan melalui UNICEF.

“Atas nama pemerintah Indonesia, saya sampaikan terima kasih kepada Pemerintah dan rakyat Australia atas dukungan kerja sama penanganan COVID-19. Thank you Australia!” kata Menlu.

Dengan demikian, Indonesia telah menerima sebanyak 225,9 juta dosis vaksin dari berbagai merk. Baik yang masih dalam bentuk curah (bulk) atau vaksin jadi.

Vaksin yang sudah diterima itu terdiri dari vaksin Sinovac dalam bentuk jadi sebanyak 33 juta dosis dan dalam bentuk bulk sebanyak 153,9 juta, AstraZeneca 20 juta dosis, Moderna 8 juta dosis, Pfizer 2,75 juta dosis, dan Sinopharm sebanyak 8,25 juta dosis.