Rangkuman Covid: 3.779 Kasus Harian, Mall Menolak Ribuan Orang

Nasional157 views

Inionline.id – Penyebaran Covid-19 masih terus menghantui Indonesia. Meski banyak langkah telah dilakukan untuk mencegah Covid-19, virus ini masih terus menyebar.

Kementerian Kesehatan terus mengingatkan warga agar mematuhi protokol kesehatan, sebab Covid-19 terus bermutasi. Bahkan, varian baru yakni varian Mu disebut-sebut kebal terhadap vaksin. rangkuman informasi seputar Covid-19 dalam 24 jam terakhir.

Kasus Covid Bertambah 3.779

Menurut laporan harian Satgas Covid-19 per Minggu (12/9), penambahan kasus Covid-19 sebanyak 3.779 kasus sehingga terakumulasi sebanyak 4.167.511 kasus.

Kasus kematian bertambah 188 orang, total kasus kematian menjadi 138.889 kasus. Sementara kasus sembuh bertambah 9.401 dan total kasus sembuh 3.918.753 kasus.

Selain itu, capaian vaksinasi dosis pertama bertambah 517.475 orang, total orang yang telah vaksinasi dosis pertama sebanyak 72.766.195 orang. Sebanyak 200.394 orang telah mendapat vaksin dosis kedua per hari ini, total vaksinasi dosis dua sebanyak 41.734.734 orang.

Komnas KIPI Selidiki Sebab Kematian Siswa Usai Vaksin

Ketua Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Komnas KIPI) Hindra Irawan mengatakan belum mengetahui penyebab kematian seorang siswa yang meninggal usai menerima vaksin Covid-19.

Hindra mengatakan pihaknya bersama Komda KIPI Jabar sedang melakukan investigasi terkait peristiwa tersebut. Hasil investigasi ini baru bisa dipastikan pada Senin besok (13/9).

“Sedang dilakukan investigasi oleh Komda KIPI, apabila data sudah lengkap maka akan segera dilakukan audit bersama dengan Komnas KIPI untuk mengetahui penyebab kematian,” kata Hindra saat dihubungi CNNIndonesia.com, Minggu (12/9).

Ribuan Orang Ditolak Masuk Mall

Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) menyatakan, berdasarkan catatan pemerintah, ribuan orang positif Covid-19 yang terdeteksi aplikasi PeduliLindungi ditolak masuk pusat perbelanjaan atau mal.

Ribuan orang tersebut mendapatkan notifikasi warna hitam saat memindai kode QR di pintu masuk pusat perbelanjaan. Hitam merupakan kategori yang dilarang masuk ke pusat perbelanjaan.

“Penolakan pada ribuan orang dengan notifikasi hitam semakin menegaskan pusat perbelanjaan selalu memberlakukan dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, disiplin, dan konsisten,” kata Ketum APPBI Alphonzus Widjaja lewat keterangan tertulis, Minggu (12/9).

Satpol PP Segel Restoran dan Bar

Satpol PP DKI Jakarta menyegel sejumlah tempat usaha bar hingga restoran karena dianggap melanggar ketentuan selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Pada akun Instagram resminya, Satpol PP menyebut penindakan dilakukan di tempat usaha bernama 98 Bar and Coffee di kawasan Cilandak.

“Kasatpol PP DKI Jakarta memimpin penindakan pelanggaran ketentuan PPKM Level 3 pada tempat usaha 98 Bar and Coffee,” tulis Satpol PP DKI pada postingannya, dikutip Minggu (12/9).

Sebanyak 54 siswa di SMAN 1 Padang Panjang, Sumatera Barat diketahui positif Covid-19 usai mengikuti Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas pada 4 September 2021.

Kepala Sekolah, SMA N 1 Padang Panjang, Sefriadi membenarkan bahwa sebanyak 54 murid tersebut terpapar Covid-19 setelah diadakan test PCR secara massal.

“Benar. Hasil test PCR baru keluar tadi malam setelah magrib,” kata Sefriadi kepada CNNIndonesia.com, Sabtu (11/9).

Dia mengatakan siswa suspek Covid-19 dan siswa yang sehat ditempatkan dalam satu ruangan karena mereka tidak menyebut ada keluhan khusus. Pihak sekolah mengaku sudah melakunan tes PCR pada keseluruhan siswa tersebut.

Sejauh ini, pihak sekolah melakukan isolasi mandiri di asrama yang dibuat partisi berdasarkan tingkat gejala yang dirasakan oleh para siswa.

Kemenkes Awasi Pendatang dari 7 Negara

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Siti Nadia Tarmizi mengatakan akan memperketat pengawasan bagi WNI dan WNA dari luar negeri di bandara serta pelabuhan dari 7 negara demi mencegah Covid-19 varian Mu.

“Kami juga melakukan pemantauan terhadap varian MU yang saat ini menyebar di 46 negara dan kami terus melakukan koordinasi dengan petugas di pintu masuk negara dan menyusun berbagai kebijakan untuk mengantisipasi kemungkinan masuknya varian yang dikatakan memiliki potensi kebal terhadap vaksin,” kata Nadia dalam konferensi pers secara virtual.

Pemerintah, kata Nadia, tengah fokus mengawasi WNI dan WNA yang datang dari tujuh negara yaitu Arab Saudi, Malaysia, Turki, Uni Emirat Arab, Korea Selatan, Jepang dan Singapura. Ia juga mengatakan pemerintah juga memantau WNI atau WNA yang berasal dari Kolombia, Ekuador, maupun negara-negara yang mengumumkan sudah mendeteksi penyebaran varian Mu di negaranya.
Lihat Juga :

Hasil Audit Siswa Ciamis Wafat Usai Vaksin Covid Keluar Senin

10 Ribu Dosis Vaksin Moderna untuk Lansia di Sulsel

Ketua Koordinator Posko Satgas Covid-19 Sulawesi Selatan Arman Bausat mengatakan pemerintah pusat akan mengirimkan vaksin Covid-19 asal Moderna sebanyak 10 ribu dosis.

Vaksin Covid-19 Moderna ini akan digunakan untuk program vaksinasi pada lansia di Sulsel.

500 Ribu Dosis Vaksin Janssen Tiba di Indonesia

Indonesia menerima sebanyak 500 ribu dosis vaksin Covid-19 merek Janssen dari pemerintah Belanda pada Sabtu (11/9).

Vaksin Covid-19 Janssen disebut telah memperoleh izin penggunaan darurat (EUA) dari BPOM pada 7 September lalu. Vaksin Covid-19 ini akan dipakai untuk masyarakat umum berusia 18 tahun ke atas dengan dosis tunggal.