Luhut Binsar Panjaitan Klaim Penanganan COVID-19 Indonesia Lebih Baik dari Singapura-Korsel

Nasional057 views

Inionline.id – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan menyebut pengendalian COVID-19 di Indonesia lebih baik daripada negara tetangga, seperti Singapura, Malaysia hingga Korea Selatan.

“Jadi saya titip sekarang, pencapaian kita tuh sangat baik, tapi jangan jemawa dan sombong bahwa ini sudah ultimate objektif kita, belum. Masih panjang cerita ini, bisa datang macam-macam lagi varian,” ujar Luhut dalam Rapat Pengarahan Giat Satgas PPKM DAS Citarum di Dago, Kota Bandung, Selasa (7/9/2021).

Beberapa hari lalu, Luhut mengaku mendapatkan proposal usulan penelitian tentang pengendalian COVID-19 dari seorang profesor di Harvard Pub Health Amerika Serikat.

“Teman saya dari Amerika menelepon saya, yang menarik adalah apa yang dia tulis semua itu sudah kita kerjakan kecuali di tidak tulis peran TNI-Polri, karena tidak ada konteks itu, yang kedua adalah penggunaan Peduli Lindungi,” tutur Luhut.

“Jadi, peran dari TNI-Polri selama pengalaman saya menangani itu luar biasa. Saya enggak bisa bayangkan kalau enggak ada itu. Jadi sinergitas antara Pemda kemudian TNI dan Polri itu luar biasa. Nah itu bisa saling membantu sehingga kita bisa turun dengan cepat. Sebenarnya juga diperbincangkan di ASEAN ini, tadi saya baru terima lagi dari luar angka absolut (dari) tim penanganan dari Covid ini kita lebih bagus dari Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, Korsel dan Taiwan,” jelas Luhut melanjutkan.

Meski demikian, ia meminta agar semua pihak tetap waspada. Jangan sampai capaian itu membuat lalai sehingga mengendorkan protokol kesehatan dan upaya pengendalian COVID-19 yang telah dibangun selama ini.

“Jadi kita menjadi top sekarang ini. Tapi apa yang perlu disombongkan? Tidak. Karena masih jauh cerita ini, itu bisa besok lusa, dua minggu bisa begini (meningkat). Kenapa? Kalau kita tidak disiplin. Jadi saya titip semua, kita jangan jemawa, kita harus betul-betul alert, jadi ketentuan yang kita buat, bertahap bertingkat dan berlanjut untuk pembukaan itu tujuannya,” katanya.

Selain itu, Luhut juga menyebut jika penanganan COVID-19 di Jawa Barat saat ini lebih baik daripada Singapura per hari ini. “Sekali lagi saya titip semua di Jabar ini, Bandung ini karena Bandung ini lebih bagus daripada Singapura per hari ini, tapi apakah dua minggu lagi bisa terus begini? Enggak tahu, begitu kita tidak disiplin, langsung naik lagi dia dan untuk menurunkannya, kita berdarah-darah lagi. Jadi saya titip untuk semua,” ujar Luhut.