Didorong Hadir oleh Coldplay, Jokowi Diundang ke Konser Global Citizen Live

Berita257 views

Inionline.id  Presiden Joko Widodo (Jokowi) diundang dalam konser Global Citizen Live yang mengangkat isu perubahan iklim. Dalam kesempatan langka ini, Jokowi akan berbicara di hadapan Coldplay hingga Usher.

Undangan ini sudah disampaikan oleh panitia Global Citizen Live melalui Dino Patti Djalal. Dino kemudian menyerahkan undangan ini kepada Menko Perekonomian Airlangga Hartato.

“Saya dihubungi oleh panitia Global Citizen Live, dan mereka mengajak kita kerja sama agar suara Indonesia dapat diproyeksikan dalam Global Citizen Live. Global Citizen Live Concert berdasarkan isu yang terbesar di dunia, karena akan ditonton seratus juta orang lebih di berbagai penjuru dunia pada 25 September,” kata Dino saat dihubungi, Selasa (21/9/2021).

“Surat undangannya yang tanda tangan dari co-founder Global Citizen Live, Michael Sheldrick dan saya, dan sejumlah aktivis lingkungan Indonesia. Surat itu disampaikan ke Pak Airlangga Menko Ekonomi untuk diteruskan ke Pak Presiden. Pak Airlangga berjanji akan menyampaikannya,” lanjutnya.

Selain itu, mantan Sekjen PPB Ban Ki-moon juga sudah mengirim surat kepada Presiden Jokowi terkait undangan ini. Selanjutnya, Coldplay pun mendorong Jokowi hadir pula dalam acara ini.

“Ban Ki-moon mengirim surat kepada Presiden mendorong Presiden untuk berbicara di Global Citizen Live. Kemudian Coldplay mendorong Presiden melalui twitnya,” ungkapnya.

Dino mengatakan sudah menghubungi Airlangga tadi pagi. Namun Airlangga belum memberikan jawaban.

“Katanya Pak Airlangga sedang diproses. Tadi pagi saya tanya lagi Pak Airlangga, belum kasih jawaban,” katanya.

Dino mengatakan bahwa kesempatan ini sayang sekali jika dilewatkan. Pasalnya, isu perubahan iklim ini sedang ramai jadi fokus banyak negara. Bahkan Joe Biden, yang merupakan Presiden Amerika Serikat, pun tak diminta secara langsung untuk berpidato.

“Kalau menurut saya, ini sayang sekali, karena isu perubahan iklim ini isu terbesar saat ini. Amerika, Eropa, Tiongkok, Jepang, semuanya benar-benar fokus di isu ini. Biden saja nggak diminta untuk bicara, ini Jokowi yang diminta. Dan bicara di antara Usher, J-Lo, The Black Eyed Peas, dan Coldplay,” ujarnya.