Universitas Budi Luhur Menyediakan Beasiswa Kuliah Online Gratis Hingga Lulus

Pendidikan157 views

Inionline.id – Universitas Budi Luhur (UBL) memberikan beasiswa Nusantara online kepada seluruh putra putri daerah di Indonesia, dalam rangka membantu pemerintah dan meningkatkan pendidikan. Lewat program ini, penerima beasiswa bisa kuliah online gratis hingga lulus.

Program Paket Kuliah Merdeka (PPKM) ini sebagai upaya UBL merespons pandemi covid-19 yang masih berlangsung. UBL membuka peluang bagi siswa di seluruh Indonesia untuk mendapatkan beasiswa online gratis, khususnya masyarakat terdampak secara finansial.

Rektor UBL Wendi Usino mengatakan, Program Paket Kuliah Merdeka ini merupakan beasiswa online yang teruka untuk siswa seluruh Indonesia. Khususnya, yang tidak bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan sarjana.

“Beasiswa ini salah satu bentuk pengabdian Budi Luhur bagi masyarakat kurang mampu tapi punya prestasi bagus dan bisa kuliah, bisa beraktivitas masing-masing di daerahnya. Fasilitas yang kami berikan gratis biaya sampai lulus dan kuota internet,” ujar Wendi di Kampus UBL, Senin, 2 Agustus 2021.

Ketua Yayasan Budi Luhur Cakti, Kasih Hanggoro menjelaskan, ide beasiswa ini bermula ketika dirinya touring motor dan melihat dampak konflik di Aceh pada 2004 silam. Ketika itu, ia melihat banyak anak menjadi korban konflik dan sulit melanjutkan pendidikan.

“Sepanjang jalan tahun 2004 ada operasi GAM, banyak rumah-rumah dibakar. Nah saya pulang ke Jakarta, saya mau ambil 20 anak Aceh dan kejadian tsunami Aceh banyak anak-anak jadi yatim piatu,” ungkap Kasih.

Kemudian, kata dia, tercetuslah ide beasiswa Nusantara. “Tahun kemudian kita ambil anak-anak mulai dari NTT, Sulawesi, Papua, Kalimantan dan seterusnya. Dan sekarang karena pandemi jadi kita buat beasiswa online gratis,” ujar Kasih.

Ketua Pusat Studi Budi Luhur Yusran menambahkan UBL menyediakan kuota beasiswa online gratis untuk 150 orang. Namun, tidak menutup kemungkinan jika animo masyarakat besar akan menambah kuota beasiswa online tersebut.

Proses pendaftaran beasiswa online ini gratis tidak dipungut biaya. Calon mahasiswa akan diseleksi dan dipilih sesuai standar yang ditentukan Yayasan Budi Luhur Cakti. Ia menekankan, program beasiswa online gratis ini upaya Yayasan Budi Luhur Cakti hadir untuk memberi bantuan atas problem di dunia.

“Kita sadar betul efek pandemi ini ekonomi terdampak. Akibatnya ekonomi lesu dan biaya kuliah juga sulit. Budi Luhur hadir membantu sebagai upaya kita ikut membantu pemerintah untuk memberikan paket kuliah online merdeka,” ujar Yusran.

UBL membuka program kelas unggulan yang bisa dipilih bagi calon penerima beasiswa online gratis seperti Fakultas Teknologi Informasi (Data Science), Fakultas Ilmu Komunikasi (Digital Media and Advertising), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (Marketing and Digital Business), Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Cybercrime) dan Fakultas Teknik (Eco Smart Real Estate).