Telkom University, Masuk 10 Besar di Asia dan Kampus Terbaik di Indonesia

Pendidikan057 views

Inionline.id – Telkom University meraih peringkat bintang empat (4 stars) Research Oriented University dan skor sebesar 714.5 dari skor maksimum 1000 dalam University Performance Metric (UPM).  Capaian tersebut menempatkan Telkom University pada peringkat ke-8 di Asia dan Peringkat pertama di Indonesia.

UPM sendiri merupakan sistem penilaian institusi pendidikan tinggi yang mengukur daya tanggap perguruan tinggi di era revolusi industri ke-4.  Pemeringkatan ini diprakarsai oleh para peneliti dari Vietnam National University, Hanoi, dan pengembangannya didanai oleh Kementerian Pendidikan dan Pelatihan Vietnam.

UPM mengintegrasikan ciri utama akreditasi pendidikan dengan peringkat dan pemeringkatan pendidikan tinggi, sekaligus secara khusus berfokus pada lima karakteristik inti pendidikan tinggi 4.0.  Kelima karakteristik ini tersebut adalah kewirausahaan, inovasi, transformasi digital, mobilitas mahasiswa dan nilai-nilai etika.

UPM mengevaluasi kinerja universitas dalam dua aspek, yaitu riset dan penerapannya melalui delapan kategori yang dijabarkan ke dalam 54 indikator. Hasil evaluasi akan disajikan dalam bentuk skor keseluruhan untuk institusi dan untuk setiap kategori berupa bintang berjumlah 1 – 5.

Berikut adalah 8 kategori dan capaian yang diraih Telkom University:

1.  Strategic Governance: Rating 5 dengan skor 49 dari maksimal skor 60

2.  Education: Rating 4 dengan skor 195.5 dari maksimal skor 350

3.  Research: Rating 5 dengan skor 155 dari maksimal skor 200

4.  Innovation: Rating 5 dengan skor 85.5 dari maksimal skor 110

5.  Innovation Ecosystem: Rating 5 dengan skor 46 dari maksimal skor 60

6.  IT Infrastructure: Rating 5 dengan skor 83.5 dari maksimal skor 100

7.  Internationalization: Rating 4 dengan skor 40 dari maksimal skor 60

8.  Community Services: Rating 5 dengan skor 60 dari maksimal skor 60

Rektor Telkom University, Adiwijaya menyampaikan, bahwa dunia pendidikan di era industri 4.0 ini kurikulum yang diterapkan harus bisa menyesuaikan kebutuhan di masa yang akan datang. Oleh karena itu perguruan tinggi mitra Beasiswa OSC (Online Scholarship Competition) Medcom.id ini telah menerapkan kurikulum berbasis Work Ready Program melalui program internshipentrepreneurship dan researchship.

“Diraihnya pemeringkatan UPM Telkom University saat ini merupakan bukti Telkom University telah mempersiapkan generasi bangsa di masa yang akan datang, melalui kurikulum yang ada di Telkom University yang disesuaikan dengan perubahan industri saat ini,” jelasnya.