Satgas Respons Isu Covid Menjadi Endemi di Indonesia pada 2022

Headline, Nasional057 views

Inionline.id – Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 merespons kabar perihal pandemi virus corona di Indonesia yang diproyeksikan berubah menjadi endemi pada 2022 mendatang.

Endemi merupakan keadaan atau kemunculan suatu penyakit yang konstan atau penyakit tersebut biasa ada di dalam suatu populasi atau area geografis tertentu.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan pihaknya belum bisa memastikan hal itu akan terjadi di 2022. Ia menyebut, ada beberapa aspek yang dapat mengindikasikan bahwa pandemi dapat benar-benar bertransmisi menjadi endemi.

“Endemi dapat digambarkan sebagai sebuah situasi di mana kondisi kasus lebih terkendali. Namun, bukan berarti virusnya hilang sepenuhnya,” kata Wiku dalam konferensi pers yang disiarkan melalui kanal YouTube BNPB Indonesia, Kamis (19/8).

Wiku lantas menjelaskan, apabila Indonesia ingin mencapai tahap covid-19 menjadi endemi, maka harus ada akselerasi pada program vaksinasi yang dilakukan secara masif, agresif dan menyasar hampir seluruh populasi.

Endemi covid-19, lanjut Wiku, juga dapat terwujud apabila penambahan kasus dan kematian covid-19 mengalami penurunan kasus yang drastis.

Hal-hal tersebut menurutnya dapat terjadi dengan upaya-upaya pembatasan mobilitas yang dilakukan pemerintah dan masyarakat saat ini.

“Dengan instrumen pengendalian PPKM saat ini, berupa pengaturan dan target spesifik baik 3M, 3T, dan vaksinasi di tiap kabupaten dan kota, diharapkan kondisi tersebut segera tercapai,” lanjutnya.

Wiku juga mewanti-wanti bahwa pengendalian pandemi covid-19 di Indonesia bukan hanya tugas pemerintah semata, melainkan diperlukan kolaborasi seluruh pihak. Hal itu diperlukan agar kebijakan yang telah ditetapkan dapat diikuti dan membawa dampak efektif serta signifikan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pada akhir Juli lalu mengungkapkan rencana Presiden Joko Widodo dalam mempersiapkan langkah-langkah untuk Indonesia menuju endemi Covid-19 yang akan dimulai tahun depan.

Namun ia tak merinci gagasan dan strategi apa yang akan dilakukan pemerintah.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin sebelumnya juga meyakini bahwa pandemi virus corona di Indonesia akan berubah menjadi endemi. Hal itu menurutnya akan terwujud hanya dengan syarat penanganan yang optimal disertai dengan pemberian obat covid-19 yang tepat kepada masyarakat.