Pemerintah Indonesia Mengevakuasi 26 WNI dari Afghanistan

Nasional057 views

Inionline.id – Pemerintah Indonesia telah mengevakuasi 26 warga negara Indonesia (WNI) dari Afghanistan. Hal itu dilakukan lantaran kondisi di Afghanistan yang mencekam usai Taliban mengambil alih kekuasaan.

Proses evakuasi puluhan WNI tampak dari dua foto yang beredar. Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto membenarkan foto tersebut adalah potret proses evakuasi WNI dari Afghanistan.

“Kalau lihat registrasi pesawat A-7305 sudah sesuai,” kata Hadi saat dikonfirmasi, Jumat (20/8/2021).

Foto pertama menunjukkan pesawat TNI Angkatan Udara (AU) tengah parkir dengan pintu terbuka dan tangga menjulur ke bawah di sebuah landasan. Tampak beberapa pria mengenakan seragam TNI AU dan pria lainnya berpakaian sipil.

Foto kedua memperlihatkan situasi para WNI di dalam pesawat. Ada yang mengenakan masker, ada pula yang mengenakan masker oksigen.

Pemerintah RI dengan pesawat TNI AU evakuasi 26 WNI dari Kabul, Afghanistan

Sebelumnya, Menlu Retno LP Marsudi, melalui akun Twitter-nya, mengumumkan pemerintah berhasil mengevakuasi 26 WNI yang berada di Kabul, ibu kota Afghanistan. Puluhan WNI yang dievakuasi termasuk staf KBRI setempat.

Selain itu, ada 5 WN Filipina dan 2 WN Afghanistan yang ikut dievakuasi pemerintah. Retno menjelaskan 2 WN Afghanistan tersebut merupakan suami dari WNI dan staf lokal KBRI.

Evakuasi dilakukan hari ini dengan menggunakan pesawat TNI AU. Retno mengatakan pesawat yang mengevakuasi WNI dari Kabul itu saat ini sudah berada di Islamabad dan akan menuju Indonesia.

“Alhamdulillah, pemerintah Indonesia telah berhasil mengevakuasi WNI dari Kabul, Afghanistan, dengan pesawat TNI AU,” kata Retno.

“Pesawat saat ini sudah berada di Islamabad untuk melanjutkan penerbangan ke Indonesia,” lanjutnya.