by

Ini 3 Cara Memilih Pakaian Sesuai Warna Kulit untuk Pria

Inionline.id – Selama ini, kebanyakan tips fashion yang muncul cenderung diberikan untuk perempuan. Padahal para pria juga perlu tahu lho supaya mereka juga bisa tampil maksimal.

Dari berbagai tips fashion yang beredar, hal paling mendasar yang perlu Anda ketahui adalah memilih warna pakaian sesuai undertone atau warna kulit. Tips yang satu ini tidak hanya membuat Anda tampil maksimal, tapi juga bisa menghindari padu padan yang kurang cocok.

Tips Fashion: 3 Cara Memilih Pakaian Sesuai Warna Kulit untuk Pria (1)

Berangkat dari masalah tersebut, brand fashion lokal Belamy berbagi mengenai tips dan trik memilih busana sesuai warna kulit untuk para pria. “Langkah kecil seperti menemukan warna pakaian yang cocok dengan undertone kulit agar pakaian terlihat lebih cocok dan kulit tidak menjadi kusam pun penting untuk diketahui para pria,” ungkap Sam Rizal, Founder brand fashion lokal Belamy Store.

Nah, untuk tahu tips lengkapnya, kumparanWOMAN telah merangkumnya. Simak tips memilih warna pakaian sesuai kulit berikut ini.

1. Cari tahu warna undertone kulit

Undertone berbeda dengan skintone atau kategori warna kulit yang terlihat secara langsung. Undertone merupakan warna dasar kulit yang ditentukan oleh gen dan tidak dapat berubah. Cari tahu apa warna undertone kulit Anda, neutral, warm, atau cool. Nah, undertone ini bisa jadi panduan Anda dalam memilih warna pakaian.

Salah satu langkah termudah untuk mengetahui undertone kulit adalah dengan cara melihat warna pembuluh darah atau urat nadi di pergelangan tangan. Jika urat nadi yang terlihat hanya berwarna hijau, artinya Anda termasuk dalam kategori warm. Jika hanya urat nadi biru, berarti cool. Dan kalau yang terlihat adalah urat nadi perpaduan hijau dan biru, berarti undertone Anda neutral.

2. Memilih warna pakaian sesuai undertone

Tips Fashion: 3 Cara Memilih Pakaian Sesuai Warna Kulit untuk Pria (2)

Menurut content creator Jose Zuniga asal Spanyol yang fokus membahas fashion untuk pria, pemilihan warna pakaian yang cocok bagi pemilik undertone warm adalah warna merah, oranye, coral, atau kuning. Pihak Belamy Store juga menyarankan agar Anda tidak memilih warna permata seperti sapphire, ruby, dan lain-lain karena bisa membuat kulit tampak kusam.
Tips Fashion: 3 Cara Memilih Pakaian Sesuai Warna Kulit untuk Pria (3)

Selain itu, untuk pemilik undertone cool Anda bisa memilih warna yang terinspirasi dari musim dingin. Cari pakaian dengan warna biru cerah, zamrud, dan ungu tua. Lalu Anda bisa memadukannya dengan warna lavender, biru, atau pink.

Selanjutnya untuk pemilihan warna pakaian bagi pemilik undertone neutral sebenarnya lebih mudah dari yang lain sebab Anda bisa mengenakan pakaian warna apa saja. Namun lebih disarankan Anda memilih warna pastel atau pucat. Anda bisa memilih warna dusty pink, jade green, kuning jagung, atau biru pucat.

Tips Fashion: 3 Cara Memilih Pakaian Sesuai Warna Kulit untuk Pria (4)

Warna lain yang juga cocok adalah warna netral seperti offwhite, abu-abu, dan hitam. Hindari penggunaan warna yang terlalu mencolok seperti biru elektrik dan magenta karena bisa memberikan kesan berlebihan pada penampilan.

3. Pilih model busana sesuai kegiatan

Tips Fashion: 3 Cara Memilih Pakaian Sesuai Warna Kulit untuk Pria (5)

Hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah memilih model busana. Dari panduan warna di poin sebelumnya, pastikan Anda memilih pakaian sesuai dengan acara yang akan dihadiri. Misalnya untuk pemilik undertone warm, Anda bisa memilih kemeja warna coral yang lebih soft saat menghadiri acara formal.

Lalu untuk pemilik undertone cool, padukan kaus putih dengan jaket denim yang cerah untuk penampilan kasual dan trendi. Selanjutnya, pria dengan undertone neutral bisa mengandalkan busana warna apa saja, terutama yang bernuansa netral seperti kaus putih dan blazer untuk bergaya semi formal.