Enam Produsen Laptop Lokal Ini Bersiap Memproduksi Chromebook

Iptek057 views

Inionline.id – Enam produsen laptop lokal akan mulai memproduksi Chromebook di tahun ini. Enam produk itu ialah Axioo, Evercoss, Advan, SPC, TSIMD, dan Zyrex. Hal itu diungkapkan oleh Randy Jusuf, Managing Director Google Indonesia.

Menurut dia, diperkirakan enam produsen ini akan dapat merekrut ribuan tenaga kerja untuk memproduksi ratusan ribu laptop hingga 2022. Tidak hanya itu, enam perusahaan laptop lokal Indonesia ini juga akan bisa memasarkan produknya sampai ke luar negeri.

“Ini adalah pertama kalinya produsen Indonesia membuat Chromebook untuk Indonesia dan pasar ekspor,” tutur Randy saat konferensi pers virtual, Selasa (3/8).

Menurut CEO Zyrex, Timothy Sidik, produsen laptop juga bisa melakukan kerja sama dengan sejumlah sekolah vokasi dalam pengembangan Chromebook ini.

“Ini juga bisa memberikan kesempatan kepada adik-adik kita untuk belajar tentang teknologi informasi dan digitalisasi,” kata Timothy.

Seluruh produsen Indonesia ini juga memastikan produknya telah memenuhi persyaratan TKDN dan mengikuti spesifikasi minimun yang dibutuhkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Sebelumnya Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud-ristek) Nadiem Makarim mengatakan, pemerintah pusat sudah menganggarkan Rp 1,3 triliun untuk pengadaan awal laptop sebanyak 190.000 laptop untuk dikirim ke seluruh Indonesia.

Selain itu, melalui dana alokasi khusus pendidikan di tingkat provinsi, kabupaten dan kota akan ada pengadaan 240.000 laptop.