by

Melesat di Webometrics 2021, Uhamka Masuk Kedalam 100 Kampus Terbaik di Indonesia

Inionline.id – Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) menempati lima besar Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiah (PTMA) dan peringkat ke-69 terbaik dari 2.593 perguruan tinggi di Indonesia.  Capaian ini berdasarkan pemeringkatan Webometrics Ranking of World Universities yang di rilis, Senin, 26 Juli 2021.

Webometrics merupakan organisasi pemeringkatan perguruan tinggi seluruh dunia sejak Juli 2012. Hingga saat ini, semua perguruan tinggi di dunia, khususnya di Indonesia tidak henti-hentinya berlomba untuk dinilai oleh webometrics sebagai lembaga perguruan tinggi yang sangat baik dari berbagai bidang.

Bidang yang dinilai oleh Webometrics yaitu Presence, Visibility Impact, Openness, dan Excellence.  Rektor Uhamka, Gunawan Suryoputro menyampaikan rasa bahagianya akan capaian Uhamka yang ia pimpin saat ini.  Menurut Gunawan, telah terjadi peningkatan luar biasa pada penilaian webometrics.

Pasalnya, sejak Januari 2021 Uhamka berada di peringkat ke-227.  Kini dalam waktu enam bulan Uhamka dengan cepatnya membuktikan keberhasilan melesat cepat ke peringkat 5 untuk Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan peringkat 69 Perguruan Tinggi terbaik se-Indonesia.

Alhamdulillah, rasa syukur kami segenap sivitas Uhamka kepada Allah SWT atas capaian yang begitu melesat dalam penilaian Webometrics,” ucap Gunawan.

Untuk terus meningkatkan prestasi, Uhamka terus berbenah dan meningkatkan mutu dalam skala prioritas kerja, SDM yang unggul, Ketersediaan Teknologi yang memadai, sarana dan prasarana.

Hal ini sangat penting dilakukan untuk memastikan Uhamka tetap tumbuh sebagai universitas yang mampu mencetak generasi unggul untuk mencapai visi sebagai Propethic Teaching University tahun 2024.

“Kebahagiaan ini pun tidak hanya dirasakan oleh pimpinan Uhamka, dosen maupun tenaga kependidikan, mahasiswa, namun alumni di lingkungan Uhamka turut bahagia akan kabar yang baik ini.  Karena pada situasi pandemi covid-19 Uhamka tetap membuktikan keberhasilannya,” tutup Gunawan.