Air Sungai Meluap Menggenangi Puluhan Rumah Tiga Dusun di Blitar

Antar Daerah057 views

Blitar, Inionline.id – Hujan dengan intensitas tinggi membuat aliran air sungai di Kecamatan Wonodadi meluap. Luapan air menggenangi puluhan rumah di tiga dusun.

Data BPBD Kabupaten Blitar, tiga dusun itu meliputi Dusun Jambewangi, Dolowo dan Tawangrejo di Desa Tawangrejo. Air sungai di areal wilayah itu over debit, akibat hujan deras yang mengguyur sejak siang hingga menjelang malam.

Sekitar pukul 18.00 WIB, Kamis (24/6) luapan air mengalir deras menuju permukiman di sepanjang bantaran sungai dengan ketinggian beragam. Menurut keterangan warga, Widya, ketinggian air yang masuk ke dalam rumahnya sampai 40 cm.

“Magrib itu tiba-tiba air sungainya meluap. Awalnya hanya di jalan, terus makin tinggi sampai masuk rumah saya itu sekitar 40 cm,” katanya, Jumat (25/6/2021).

Namun semakin malam, ketinggian air makin surut. Hingga pagi ini, terpantau genangan air masih ada di beberapa jalan desa. Sementara warga disibukkan membersihkan rumah mereka dibantu pamong desa dan aparat setempat.

Kepala BPBD Kabupaten Blitar, Achmad Cholik mengatakan, hari ini pihaknya melakukan assesment sekaligus pendataan kerugian akibat luapan air sungai tersebut.

“Karena sekarang sudah mendung lagi, potensi luapan air sungai masih ada. Kami akan bangun posko di Kecamatan Wonodadi untuk persiapan tempat pengungsian dan koordinasi penanganan,” jawab Cholik dihubungi detikcom.

Cholik menambahkan, di posko itu nantinya juga akan dibangun dapur umum. Namun menyesuaikan kebutuhan di lokasi. Jika memang banyak pengungsi, maka dapur umum akan dibangun.