Sri Mulyani Mengklaim Ekonomi Pulih Turunkan 1 Juta Pengangguran

Ekonomi057 views

Inionline.id – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengklaim momentum pemulihan ekonomi Indonesia mulai memberi hasil pada sektor ketenagakerjaan. Hal ini tercermin dari berkurangnya jumlah pengangguran sekitar 1,02 juta orang pada Februari 2021.

Ani, sapaan akrabnya, mencatat tingkat pengangguran Indonesia berada di angka 7,07 persen pada Agustus 2020. Tingkat itu setara dengan jumlah pengangguran mencapai 9,77 juta orang.

Tapi, per Februari 2021, tingkat pengangguran turun menjadi 6,26 persen. Hal ini membuat jumlah pengangguran ikut susut menjadi 8,75 juta orang.

“Artinya dengan momentum pemulihan sejak kuartal III dan kuartal IV lalu (2020), kemudian kuartal I (2021), meski belum positif, tapi kita mampu mengurangi pengangguran sebanyak 1,02 juta orang atau 0,81 persen. Ini sesuatu yang bagus,” ungkap Ani di konferensi pers APBN KiTa edisi Mei 2021, Selasa (25/5).

Padahal, sambungnya, krisis ekonomi akibat pandemi covid-19 sempat mengerek jumlah pengangguran di Indonesia. Pasalnya, pandemi membuat banyak perusahaan harus melakukan efisiensi, termasuk mengurangi jumlah karyawan melalui pemutusan hubungan kerja (PHK)

“Covid pada tahun lalu membuat banyak masyarakat kehilangan pekerjaan atau tidak bisa bekerja yang disebabkan pendapatan mereka menurun,” tuturnya.

Lebih lanjut, Ani berharap tingkat pengangguran ini bisa kembali turun pada kuartal II 2021. Apalagi tanda pemulihan ekonomi semakin meningkat pada kuartal tersebut.