Polisi Menerapkan Penyekatan Secara Berlapis di Bekasi hingga Karawang

Antar Daerah057 views

Inionline.id – Polisi menerapkan penyekatan titik penyekatan secara berlapis mulai Bekasi hingga Karawang, Jawa Barat, imbas kembali membludaknya pemudik di pos penyekatan Kedungwaringin, Bekasi, pada Senin (10/5) malam.

Kapolres Metro Bekasi Kombes Hendra Gunawan mengatakan, penyekatan berlapis ini juga dilakukan guna mengurai kerumunan pemudik atau kemacetan.

“Bukan meloloskan (pemudik), jadi mengurai kerumunan atau kemacetan yang sudah banyak. Kami sudah berkoordinasi dengan Polres Karawang untuk melakukan penahapan putar balik,” kata Hendra saat dihubungi, Selasa (11/5).

Hendra menuturkan, rencananya sebagian pemudik diputar balik di pos penyekatan berikutnya di Karawang. Jika tak berhasil, akan diputar balik di pos penyekatan berikutnya.

“Sebagian (pemudik) diputar di Karawang, kalau enggak bisa lagi diputar di Subang, terus Purwakarta dan seterusnya,” imbuhnya.

Hendra menuturkan, antrean kendaraan pemudik di pos penyekatan Kedungwaringin pada malam tadi mencapai sekitar 1 kilometer. Untuk itu, pihaknya harus berkoordinasi dengan aparat kepolisian di daerah lain guna menyekat para pemudik.

“Kedungwaringin kemarin cukup banyak sehingga terjadi kerumunan yang cukup lumayan sehingga dilakukan pembagian-pembagian pemutarbalikkan sesuai sekat-sekat yang sudah dilakukan beberapa daerah,” tuturnya.

Pada Minggu (9/5) malam lalu, pos penyekatan di Kedungwaringin juga dibanjiri oleh para pemudik. Alhasil, polisi pun melakukan langkah diskresi dengan meloloskan pemudik.

Kepolisian lantas menambah jumlah personel dan pos penyekatan untuk mengantisipasi kejadian serupa guna mencegah antrean kendaraan saat proses pemeriksaan.