by

Menurut Survei BI Konsumen Kembali Optimis, Pertama Sejak April 2020

Inionline.id – Survei Bank Indonesia (BI) mengindikasikan konsumen kian optimis terhadap kondisi ekonomi Indonesia. Hal itu tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) April 2021 sebesar 101,5 yang masuk ke zona optimis.

Sebagai catatan, IKK di level 100 atau lebih menunjukkan sikap optimis konsumen. Sebaliknya, IKK di bawah 100 mencerminkan pesimistis masyarakat untuk melakukan konsumsi.

Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan capaian meningkat dibandingkan Maret 2021, kala itu IKK sebesar 93,4.

“IKK April 2021 juga merupakan angka optimisme pertama kali sejak IKK masuk zona pesimis pada April 2020,” terang Erwin lewat rilis resmi, Senin (10/5).

BI menyebut keyakinan konsumen terpantau membaik pada seluruh kategori tingkat pengeluaran responden, tingkat pendidikan, dan kelompok usia responden.

Secara spasial, keyakinan konsumen membaik di 18 kota yang disurvei, dengan keyakinan tertinggi di kota Padang, diikuti oleh Bandung, dan Pangkal Pinang.

Berdasarkan hasil survei, disimpulkan kalau peningkatan optimisme konsumen pada April 2021 didorong oleh membaiknya ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan.

Kondisi ekonomi yang dimaksud ialah aspek ketersediaan lapangan kerja, ekspansi kegiatan usaha yang meningkat, dan penghasilan yang meningkat pada 6 bulan yang akan datang.

Sementara itu, persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini terpantau membaik, didorong oleh perbaikan persepsi terhadap ketersediaan lapangan kerja, penghasilan, dan ketepatan waktu pembelian barang tahan lama.