Banjir Merendam 15 Desa di Aceh Selatan

Antar Daerah157 views

Aceh Selatan, Inionline.id – Sejumlah desa di Aceh dilanda banjir. Banjir terjadi setelah wilayah tersebut diguyur hujan deras.

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Selasa (18/5/2021), banjir menggenangi ratusan rumah warga di 15 desa di empat kecamatan di Kabupaten Aceh Selatan sejak Senin (17/5) sore.

“Kondisi terakhir, beberapa desa sudah surut airnya tapi masih ada desa yang terendam banjir,” kata Kepala BPBA Ilyas kepada wartawan.

Ketinggian air yang merendam pemukiman warga bervariasi antara 10 cm hingga 70 cm. Banjir tersebut menyebabkan aktivitas warga di sana terganggu.

Ilyas menjelaskan BPBD Aceh Selatan masih mendata jumlah warga terdampak banjir serta ada tidaknya pengungsi. Warga di desa yang airnya sudah kembali mulai membersihkan kembali rumah mereka.

Longsor juga terjadi di jalan nasional di wilayah Kecamatan Tapaktuan menuju Kecamatan Pasiraja. Bongkahan batu yang menutupi badan jalan sudah dibersihkan.

“Jalan sudah dapat dilalui lagi,” jelas Ilyas.

Banjir juga terjadi di Aceh Singkil. Banjir merendam Desa Bulu Suma di Kecamatan Suro. Banjir akibat meluapnya sungai Lae Ordi itu menyebabkan sejumlah rumah terendam.

“Kita masih melakukan pendataan dampak material dan korban terdampak,” ujarnya.