Remaja masjid mengatasi Insecure dan minder atas kemampuan diri

Pendidikan357 views

Jakarta, Inionline.Id – JPRMI ( Jaringan Pemuda & Remaja Masjid Indonesia ) Jakarta Selatan bersama dengan KPM ( Komunitas Pecinta Masjid) dan REMILA ( Remaja Masjid Al Ikhlas) mengadakan webinar tentang cara mengatasi insecure dan minder diri atas kemampuan diri. Webinar ini juga di support oleh majelis ta’lim telkom Group, Sabtu (06/02/2021).

Setiap orang pasti pernah mengalami hal yang namanya insecure atau tidak percaya diri terutama para remaja. Misalnya karena fisik atau pencapaian yang kita miliki merasa tidak lebih baik dari orang lain.

Sehingga terkadang membuat diri sendiri malu ketika berinteraksi dengan orang lain atau memilih mengisolasi diri terhadap interaksi sosial.

Tapi, sadarkah kamu kalau rasa insecure atau tidak percaya diri hanya pemikiranmu sendiri yang mana belum tentu orang lain berpikir demikian. Jadi, hal yang perlu kamu lakukan adalah meningkatkan kepercayaan dirimu untuk mengalahkan rasa insecure-mu.

Maka dari itu remaja masjid yang keberadaan nya sangat di harapkan untuk perkembangan dakwah harus dapat mengatasi insecure dan minder diri. Jika remaja masjid insecure dan minder bagaimana mereka dapat berdakwah.

Inilah salah satu alasan JPRMI Jakarta Selatan mengadakan webinar yang berjudul “Remaja masjid Mengatasi Insecure dan Minder atas Kemampuan Diri” pada 6 februari 2021.

Webinar ini dibawakan oleh dua pemateri, materi pertama dibawakan oleh Muklis. S. Sos., Muklis juga merupakan ketua JPRMI Jakarta Selatan yang membawakan materi tentang kenali tanda-tanda insecure pada diri.

Materi kedua dibawakan oleh Ustad. Budi Mulyanto. SE.As., Dai muda/Penulis buku dan juga pendiri sekolah CITAS. yang menyampaikan materi tentang mengatasi insecurity dengan Al Quran dan sunnah.

Muklis membuka materi pertama dengan menjelaskan fenomena insecure dalam kehidupan sehari-hari. Seperti merasa minder melihat pencapaian teman-teman di sosial media atau kegagalan yang kamu alami terjadi secara berulang.

Dilanjutkan dengan menjelaskan apa itu insecure dan apakah itu normal, tanda-tanda insecure, penyebab insecure, dampak insecure, dan cara mengendalikan insecure. Salah satu cara yang dibahas adalah dengan melakukan refleksi diri. Materi kemudian diakhiri dengan sesi tanya jawab dengan peserta webinar dan sharing session.

Materi kedua yang dibawakan oleh Ustad Budi menyampaikan tentang seringkali kita mengalami insecure akibat standar sosial, pengalaman buruk (kegagalan, kehilangan, kebencian), harga diri rendah, dan kepribadian neurotik.

Insecure itu normal dihadapi manusia sebagai respon adanya bahaya yang mengancam. Disatu sisi kita juga perlu mengendalikan insecure itu dengan mambangun self esteem. Dan pentingnya dekat dengan Al Qur’an dan mentadabburinya, menjalankan dzikir setiap pagi. Karna pagi hari adalah awal yg baik untuk memulai hari dengan dzikir dan banyak membaca surah Nabawiyah terkait dengan kesuksesan sahabat dimasa muda. Seperti sesi sebelumnya, materi diakhiri dengan sesi tanya jawab.

Menurut testimoni dari peserta webinar, banyak dari mereka mengatakan mengikuti webinar ini karena topik yang dibahas relate dengan masalah mereka dan ingin menyelesaikan masalahnya sesuai dengan al quran dan sunnah serta di berikan penjelasan dari ayat – ayat Al-Quran yang menambah kekhusyuan dalam webinar ini. Di akhir webinar mereka juga puas dan merasa tau apa yang harus dilakukan untuk mengatasi rasa insecure mereka.