Mengetahui Manfaat Sehat dari Makanan Tradisional Oncom

Kesehatan257 views

Inionline.id – Salah satu makanan tradisional yang sudah sangat dikenal masyarakat Jawa Barat adalah oncom. Makanan hasil fermentasi ini sangat digemari terutama ketika diolah dengan bahan lain seperti ikan teri dan nasi.

Dokter spesialis gizi klinik Tan Shot Yen mengatakan bahwa oncom adalah makanan sehat. Per 100 gr oncom, terdapat protein 13 gr, Kalsium (Ca) : 96 mg, Fosfor (P) : 115 mg, dan Besi (Fe) : 27.0 mg.

Ia menambahkan, kandungan-kandungan tersebut terdapat di dalam oncom yang terbuat dari kedelai asli dengan kualitas yang baik.

Sebaliknya, berbagai kandungan sehat dalam oncom itu tidak dapat ditemukan jika oncom terbuat dari ampas, bukan kedelai.

“Menjadi tidak sehat jika oncomnya berasal dari ampas, bukan kedelai. Atau oncom terkontaminasi jamur lain yang sifatnya patogen,” ujar Tan.

Perbedaan Oncom dengan Tempe

Sama-sama melalui proses fermentasi, oncom berbeda dengan tempe. Perbedaan keduanya terletak dari jenis jamur yang tumbuh pada kedua makanan tersebut.

“Beda oncom dan tempe terletak dari jenis jamurnya. Jamur oncom jenis neurospora dan tempe jenis Rhizopus,” kata Tan.

Kandungan kedua makanan ini pun berbeda, 100 gr tempe mengandung protein 14 gr, Kalsium (Ca) : 517 mg, Fosfor (P) : 202 mg, dan Besi (Fe) : 4 mg.

“Sebagai catatan, besi pada protein nabati sifatnya non heme. Jadi, kemampuan diserap dan digunakan tubuh sangat kecil dibanding besi berjenis heme yang ada dalam protein hewani.

Ia menambahkan, oncom biasanya dibuat pepes dengan campuran teri basah. Makanan ini sangat bergizi, katanya.

“Bisa juga dibuat sebagai campuran menu ‘toge goreng’ oleh orang Bogor, sebetulnya tidak digoreng, tapi dioseng dengan air,” tandasnya.