Meski Renovasi Rampung, Masjid Istiqlal Belum Menggelar Salat Jumat Hari Ini

Berita057 views

Inionline.id – Masjid Istiqlal telah rampung direnovasi dan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Namun, Masjid Istiqlal belum menyelenggarakan gelaran salat Jumat hari ini.

“Belum ada (salat Jumat) mengingat penyebaran COVID di DKI masih tinggi pertimbangannya gitu,” kata Wakil Kepala Bidang Penyelenggara Peribadatan Masjid Istiqlal, Abu Hurairah, kepada wartawan di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Jumat (8/1/2021).

“Kita doakan semoga dalam waktu dekat bisa dibuka,” tuturnya.Abu belum dapat memastikan kapan Masjid Istiqlal dioperasionalkan kembali untuk peribadatan. Dia berharap masjid terbesar di Indonesia ini dapat segera digunakan untuk umum dalam waktu dekat.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah meresmikan Masjid Istiqlal yang sudah rampung direnovasi. Kepala Negara mengajak umat mematuhi protokol kesehatan ketika beribadah di Masjid Istiqlal.

“Mengingat penyebaran pandemi COVID-19 masih terjadi di tengah kita, saya ajak umat Islam yang menggunakan Masjid Istiqlal, baik untuk beribadah dan kegiatan lain, untuk tetap mematuhi dengan disiplin protokol kesehatan dengan ketat,” kata Jokowi di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Kamis (7/1).

Saat peresmian renovasi Masjid Istiqlal, Jokowi berharap Masjid Istiqlal menjadi contoh pengembangan syiar Islam yang membangun perdamaian.

“Sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia, Masjid Istiqlal harus menjadi contoh dari masjid-masjid negara lain di dunia dalam mengembangkan syiar Islam yang menyejukkan, yang membangun toleransi, dan membangun perdamaian,” kata Jokowi.

Jokowi juga menitip kepada pengelola Masjid Istiqlal untuk menjaga kebersihan serta keindahan Masjid Istiqal. Diharapkan Masjid Istiqlal menjadi tempat ibadah yang nyaman bagi masyarakat.

“Saya juga titip pesan kepada Bapak Imam Besar Masjid Istiqlal dan badan pengelola agar menjaga Masjid Istiqlal dengan baik sehingga tetap indah, tetap bersih menjadi tempat yang nyaman bagi umat Muslim untuk menjalankan aktivitas keagamaan dan tidak kalah penting mengembangkan program kegiatan yang kreatif sehingga Masjid Istiqlal, semakin ramai, makin makmur, dan didatangi umat sebanyak-banyaknya,” paparnya.