M Ichsan Ingatkan Ridwan Kamil Potensi Pengelolaan SDA Tidak Hanya Pariwisata

Berita157 views

Bandung, Inionline.id – Pernyataan Ridwan Kamil dalam Japan Enviromental Week Kamis (14/1/2021) kemarin mendapat tanggapan dari anggota Komisi IV DPRD Jawa Barat, Mochamad Ichsan Maoluddin.

Ridwan Kamil mengatakan, dengan jumlah penduduk nyaris 50 juta, Jabar dituntut untuk terus berinovasi dalam pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA). Mulai dari air, tanah, sampai bahan bakar.

M Ichsan pun menanggapi bahwa pernyataan Gubernur tersebut adalah salah satu bentuk semangatnya dalam mengembangkan potensi sumber daya air melalui Dinas PSDA.

“Sumber daya air itu tidak hanya dari aspek pariwisata saja tetapi lebih kepada pemanfaatan sumber air itu misalnya untuk irigasi,” kata Ichsan.

Kemudian politisi PKS itu pun menambahkan bahwa Komisi IV melihat esensi sumber daya air Jawa Barat itu lebih kepada manfaat yang lebih banyak.

“Sekarang sedang musim penghujan belum bisa dilihat kemanfaatannya, padahal kalau itu dikelola dengan baik, banyak irigasi di Jawa Barat ini yang belum tuntas,” terang Ichsan.

Menurutnya, daerah irigasi tuntas di Jawa Barat itu mayoritas sifatnya masih parsial sehingga dalam hal ini belum tuntas.

“Maka kunjungan Komisi IV kemarin ke beberapa daerah yang beririsan dengan sumber air itu banyak kita mendengar keluhan-keluhan dari para UPTD yaitu Cirebon, Purwakarta, Karawang, ini adalah hal yang memang Komisi IV perjuangkan,” ujar Ichsan.

Lebih lanjut, dengan semangat sebagai penyangga ketahanan pangan nasional, Ichsan pun menegaskan bahwa permasalahan daerah irigasi di Jawa Barat ini harus sampai tuntas.

“Itu yang ingin kita dorong, sebetulnya kalau pemanfaatan sumber daya air, situ, sebagai objek wisata, itu merupakan bonus sebagai salah satu sumber PAD,” tutup Ichsan, Minggu (17/01/2021).