Ini 6 Masalah Kesehatan yang Bisa Membuat Berat Badan Turun Mendadak

Kesehatan257 views

Inionline.id – Turunnya berat badan biasanya bisa direspons seseorang dengan senang. Hal ini terutama ketika seseorang memang berusaha menurunkan berat badan dan tampak lebih kurus.

Namun ketika bobot tubuh ternyata menurun secara drastis dalam tempo yang singkat, sebaiknya kamu lebih berhati-hati. Alih-alih senang, sebaiknya kamu segera perhatikan kondisimu karena mungkin ada masalah kesehatan yang kamu alami.

Sejumlah penyakit bisa menjadi penyebab menurunnya berat badan secara tiba-tiba ini. Dilansir dari Boldsky, berikut sejumlah alasan menyusutnya bobot tubuh secara tiba-tiba.

Depresi

Ketika seseorang tengah menderita depresi, maka secara tak langsung nafsu makan akan menurun. Hal ini membuat porsi dan frekuensi makan menurun yang berakibat pada susutnya bobot tubuh.

Penyakit yang Bisa Menjadi Penyebab

Hipertiroidisme

Hormon tiroid yang terlalu aktif akan menghasilkan banyak hormon tiroksin. Hal ini akan mempercepat sistem metabolisme di tubuh sehingga berat badan akan turun dengan cepat, badan mudah berkeringat, serta kamu jadi mudah tersinggung.

Diabetes

Penurunan berat badan yang secara drastis dapat menjadi tanda awal dari diabetes. Ini disebabkan karena ada peningkatkan kadar glukosa di dalam tubuh sehingga membuat massa otot menyusut.

Penyakit Lain yang Bisa Membuat Berat Badan Turun

Penyakit Celiac

Penyakit celiac yang menyerang usus ini mampu menyebabkan penurunan berat badan. Sebab ketika usus kamu terluka, maka akan terjadi pengurangan dalam penyerapan nutrisi.

Tuberkulosis

Tuberkulosis atau TBC tidak hanya dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun. Penyakit ini juga akan membuat berat badan kamu menyusut akibat virus yang berada di dalam tubuh.

Kanker

Kanker juga dapat menjadi penyebab saat berat badan kamu menurun secara drastis. Pasalnya, sel-sel kanker akan merusak sel normal di dalam tubuh dan menurunkan kondisi kesehatan tubuh kamu.

Sejumlah masalah kesehatan tersebut bisa membuat berat badan turun secara mendadak. Ketika kamu mengalami penurunan berat badan secara mendadak ini, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.